Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bayi Kembar Dempet di Belakang Kepala Berhasil Dipisahkan, Akhirnya Bisa Saling Menatap

YERUSALEM, KOMPAS.com - Gadis kembar Israel yang disatukan di bagian belakang kepala menjalani operasi pemisahan selama 12 jam dan sekarang keduanya dapat saling menatap mata.

Operasi yang langka dan rumit itu, dilakukan hanya 20 kali di seluruh dunia. Puluhan profesional medis yang terlibat membutuhkan persiapan berbulan-bulan, yang melibatkan model 3D dan teknologi realitas virtual.

“Ini adalah operasi yang langka dan kompleks yang dilakukan sejauh ini di dunia hanya sekitar 20 kali, dan untuk pertama kalinya di Israel,” kata Dr Mickey Gideon, direktur bedah saraf pediatrik di Soroka Medical Center di Beersheba, Israel melansir CNN.

Untuk melakukannya, dokter memisahkan pembuluh darah dan tulang, lalu membaginya menjadi dua tim untuk merekonstruksi tengkorak dan kulit kepala masing-masing bayi di ruang operasi terpisah.

“Mereka mengharapkan pemulihan penuh,” kata Gideon, menurut USA Today.

“Itu adalah momen tangis dan tawa bersama bagi keluarga. Untuk pertama kalinya keluarga dapat menggendong dua bayi itu secara terpisah.”

Gadis-gadis itu lahir pada Agustus tahun lalu. Gideon ingin mereka berpisah sebelum tahun perkembangan penting setelah mereka berusia 1 tahun, katanya kepada NBC News.

“Setiap kali Anda memiliki dua bayi yang melekat bersama dengan otak dan pembuluh mereka memasok otak, itu membuatnya (operasi) semakin kompleks dan tidak mungkin bagi kami ahli bedah saraf untuk mengharapkan dan mengetahui bagaimana menghadapinya (jika bayi semakin besar),” kata Gideon kepada NBC News melansir NY Daily News pada Selasa (8/9/2921).

Dia dan timnya mulai mempersiapkan bahkan sebelum gadis-gadis itu lahir pada usia 34 minggu.

“Mereka pulih dengan baik, dan secara neurologis mereka baik-baik saja. Secara kognitif kami belum bisa memperkirakan. Kami harus menunggu dan memeriksa mereka dan melihat apa yang terjadi.”

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/08/171950770/bayi-kembar-dempet-di-belakang-kepala-berhasil-dipisahkan-akhirnya-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke