Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jepang dan Perancis Sepakat Amankan Indo-Pasifik yang Bebas Terbuka

TOKYO, KOMPAS.com – Pemerintah Jepang dan Perancis sepakat untuk aktif mempertahankan kerja sama pertahanan guna mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam pernyataan bersama antara Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Sabtu (24/7/2021).

Sebelum menyepakati kesepakatan tersebut, Suga dan Macron melakukan pertemuan tingkat tinggi sebagaimana dilansir BNN Bloomberg.

Jepang menyambut baik inisiasi Perancis untuk memperkuat kebijakan, kehadiran, dan tindakan strategis kedua negara di Indo-Pasifik.

Kedua belah pihak juga menegaskan kembali pentingnya peran negara-negara Asia Tenggara di kawasan tersebut.

Selain itu, Jepang dan Perancis juga menyambut Olimpiade Tokyo 2020 serta menyebutnya sebagai simbol persatuan global dalam mengatasi virus corona.

Di sisi lain, negara-negara Barat sedang berusaha untuk menyeimbangkan kembali hubungan mereka dengan China.

Sementara itu, “Negeri Panda” mengumpulkan kekuatan ekonomi dan militer yang lebih besar untuk menunjukkan penolakan mereka terhadap kritik asing terhadap praktik hak asasi manusia.

Awal pekan ini, Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengadakan pembicaraan dengan para menteri luar negeri dari Jepang dan Korea Selatan.

Pembicaraan tersebut membahas penjagaan perdamaian di Selat Taiwan.

Bahasan tersebut langsung membuat China panas dan menuduh AS serta Jepang menempa “blok konfrontatif”.

Pejabat Gedung Putih juga membahas proposal perjanjian perdagangan digital yang mencakup ekonomi Indo-Pasifik ketika AS mencari cara untuk mengetes pengaruh China di kawasan itu.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/24/174923570/jepang-dan-perancis-sepakat-amankan-indo-pasifik-yang-bebas-terbuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke