Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

POPULER GLOBAL: Mayat Dikubur Seadanya di Tepi Sungai India | Palestina Terkini, Israel Bombardir Jalur Gaza

Ratusan mayat terlihat dimakamkan seadanya dalam pasir dangkal dengan kain kuning atau oranye di atasnya.

Kondisi itu menimbulkan pertanyaan atas dampak sebenarnya dari Covid-19 India, yang menurut para ahli hampir pasti salah pencatatannya.

Kabar terpopuler kanal Global Kompas.com lainnya berasal dari Jalur Gaza yang masih terus membara.

Kabar terkini, serangan udara Israel masih terus membombardir wilayah yang dikontrol oleh Hamas tersebut hingga sebelum fajar. Serangan ini menimbulkan keprihatinan atas jumlah korban yang bisa terus bertambah.

Berikut rangkuman berita terpopuler dari kanal Global Kompas.com edisi Senin (17/5/2021) hingga Selasa (18/5/2021).

1. Ratusan Mayat Ditemukan Terkubur Seadanya di Sepanjang Tepi Sungai India

Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan mayat yang terkubur di kuburan pasir dangkal atau terdampar di tepi Sungai Gangga.

Temuan ini memicu spekulasi di media sosial bahwa mereka adalah mayat korban Covid-19 yang secara brutal menghantam negeri itu tiga minggu terakhir.

Polisi menggunakan pengeras suara dengan mikrofon portabel dalam jip dan perahu yang berkeliling di desa. Aparat meminta orang untuk tidak membuang mayat di sungai.

Sebelumnya pada Jumat (14/5/2021), hujan menyingkap kain penutup jenazah yang terkubur seadanya dalam pasir dangkal di tepi sungai datar yang luas di Prayagraj, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Palestina Terkini: Israel Bombardir Jalur Gaza, 200 Orang Tewas Seminggu

Kabar terkini dari Palestina pada Senin (17/5/2021), serangan udara Israel membombardir Jalur Gaza. Lebih dari 200 orang tewas dalam seminggu, sebagian besar warga Palestina.

Sebelum fajar, dalam waktu hanya beberapa menit, puluhan serangan Israel membombardir daerah yang dikontrol Hamas itu, menurut pantauan AFP.

Dalam berita Gaza Palestina terbaru, api menerangi langit saat ledakan besar mengguncang kota itu, memicu pemadaman listrik dan merusak ratusan bangunan.

Sekitar 3.100 roket juga telah ditembakkan oleh Hamas sejak konflik Israel Palestina memburuk pada 10 Mei.

Itu adalah baku tembak paling sengit antara Hamas dengan Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana warga menyikapi ketegangan ini? Baca selengkapnya di sini.

3. Ikut Aksi Bela Palestina, Supermodel Bella Hadid Dikecam Israel

Israel mengecam supermodel Bella Hadid karena mengikuti aksi bela Palestina di Brooklyn, Amerika Serikat (AS).

Kecaman tersebut disampaikan oleh Israel pada Minggu (16/5/2021) melalui akun Twitter yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri Israel.

"Ketika selebriti seperti @BellaHadid menyarankan untuk membuang orang Yahudi ke laut, mereka menganjurkan penghapusan Negara Yahudi," tulis Israel melalui Twitter.

“Ini seharusnya bukan masalah Israel-Palestina. Ini seharusnya menjadi masalah manusia. Tidak tahu malu,” tambah Israel.

Twit tersebut juga berisi tangkapan layar dari aksi bela Palestina yang diikuti sekaligus disiarkan Bella Hadid melalui akun Instagram-nya.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Israel Bersumpah Lanjutkan Serangan dengan "Kekuatan Penuh"

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa serangan militernya di Gaza akan berlanjut dengan "kekuatan penuh".

Netanyahu mengatakan itu ketika dilaporkan ada 42 orang yang tewas dalam serangan udara oleh pihak Palestina yang meratakan 3 bangunan, seperti yang dilansir dari Sky News pada Minggu (16/5/2021).

Komentar pria 71 tahun itu muncul saat Dewan Keamanan PBB bertemu untuk membahas kekerasan aksi kekerasan di Jalur Gaza. Sekretaris jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan segera diakhirinya kekerasan dalam konflik Palestina dan Israel.

Netanyahu mengatakan dalam pidatonya di televisi, "Kampanye kami melawan organisasi teroris terus berlanjut dengan kekuatan penuh. Kami bertindak sekarang, selama diperlukan, untuk memulihkan ketenangan dan ketentraman Anda, warga Israel. Ini akan memakan waktu."

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Israel: Menara Perkantoran yang Dibom Bukan Pusat Media Internasional, tetapi Markas Besar Hamas

Di tengah protes global, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membela penargetan menara perkantoran Jalur Gaza, yang menampung outlet media internasional.

IDF mengeklaim bahwa tujuan utama dari serangan tersebut bukanlah jurnalis, melainkan fasilitas yang berfungsi sebagai markas besar untuk gerakan Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Sebelumnya pada Sabtu (15/5/2021), IDF memperingatkan penghuni Menara Al-Jalaa Gaza atas serangan udara yang akan segera terjadi.

Pemilik gedung memohon agar serangan ditunda, tetapi permintaan itu sia-sia. Tak ayal, penghuni gedung panik. Mereka termasuk personel dari outlet berita besar seperti The Associated Press dan Al Jazeera, yang bergegas untuk mengambil peralatan yang bisa mereka bawa sebelum evakuasi.

Baca berita selengkapnya di sini.

6. Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Begini Kata Media Asing...

Kepastian Gojek dan Tokopedia merger menjadi GoTo turut diberitakan media asing.

Pengumuman Gojek Tokopedia merger itu kini tersebar luas ke seantero dunia, setelah diwartakan media-media internasional ternama.

Salah satunya, dalam artikel berjudul "Indonesian unicorns to merge, creating tech giant", AFP menjabarkan kesepakatan merger antara Gojek dan Tokopedia.

"Kesepakatan itu akan membentuk raksasa teknologi Indonesia yang menggabungkan e-commerce dan layanan keuangan dengan penawaran on-demand seperti ride-sharing, yang akan menjadi platform serupa pertama di Asia Tenggara," tulis AFP.

Media yang didirikan pada 1835 di Paris itu turut menyebutkan bahwa Andre Soelistyo dari Gojek akan menjadi CEO GoTo Group, dan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo Group.

Seperti apa liputan dari berita internasional lainnya terkait kabar ini? Baca selengkapnya di sini. 

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/18/050500570/populer-global-mayat-dikubur-seadanya-di-tepi-sungai-india-palestina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke