Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal Patroli AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Satu unit kapal patroli Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melepaskan tembakan peringatan kepada kapal militer Iran di Teluk Persia awal pekan ini.

Tembakan peringatan itu dilepaskan USS Firebolt untuk memperingatkan ketiga kapal cepat Angkatan Laut Garda Revolusi Iran setelah ketiganya melaju di dekat USS Firebolt dan kapal Penjaga Pantai AS Baranoff.

Melansir AFP, Selasa (27/4/2021), ketiga kapal milik Iran tersebut berlayar hanya berjarak 62 meter dari USS Firebolt dan kapal Penjaga Pantai AS Baranoff pada Senin (26/4/2021).

"Awak kapal AS sebelumnya sudah memberi beberapa peringatan melalui radio dan perangkat pengeras suara," kata pernyataan dari Armada Kelima AS.

Namun, ketiga kapal milik Angkatan Laut Garda Revolusi Iran tersebut tidak mengindahkan peringatan.

"Awak Firebolt kemudian melepaskan tembakan peringatan, dan kapal Angkatan Laut Garda Revolusi Iran bergerak menjauh ke jarak yang aman dari kapal AS," sambung Armada Kelima AS.

Pihak AS mengatakan, tindakan Iran tersebut meningkatkan risiko salah perhitungan atau lebih buruk berupa tumburan.

AS menambahkan, tembakan peringatan tersebut dilepaskan karena komandan kapal AS mempertahankan hak yang melekat untuk bertindak dalam membela diri.

Kala itu, kapal-kapal Iran melintasi haluan dua kapal patroli Penjaga Pantai AS sambil mengabaikan peringatan.

Video yang dirilis Angkatan Laut AS menunjukkan, Harth 55 berlayar memotong di depan kapal AS dan tiba-tiba membelok untuk menghindari tabrakan.

Konfrontasi itu terjadi di tengah pembicaraan kesepakatan nuklir di Wina, Austria.

Presiden AS Joe Biden menekankan, perlunya mengurangi aktivitas destabilisasi Iran di Timur Tengah sambil menawarkan Washington untuk masuk kembali ke kesepakatan itu.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/28/055016470/kapal-patroli-as-lepaskan-tembakan-peringatan-ke-kapal-iran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke