Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eks Dosen Singapura Kenang Sosok Komandan KRI Nanggala-402, Letkol Laut Heri Oktavian

Letkol Heri Oktavian lulus Magister Studi Strategi dari RSIS yang merupakan bagian dari Nanyang Technological University (NTU) pada 2015.

“Heri adalah sosok mahasiswa pekerja keras, berdedikasi, dan cakap berbicara," ungkap Dr Anit Mukherjee, dosen yang mengajar mata kuliah perbandingan hubungan sipil dan militer ketika diwawancarai The Straits Times, Minggu (25/4/2021).

"Yang lebih mengagumkan lagi, dia juga rendah hati dan sangat bangga atas pengabdiannya kepada Indonesia,” lanjut Mukherjee. 

Dr Mukherjee juga bercerita bahwa pertemuan pertamanya dengan Heri Oktavian bukanlah di ruangan kelas melainkan di lapangan bola. Dia kemudian rutin bermain sepak bola dengan almarhum.

Heri juga mengirimkan surat perpisahan kepada Dr Mukherjee ketika dia meninggalkan Singapura. Lulusan Sekolah Kapal Selam di Jerman itu berharap dapat kembali bertemu dosennya tersebut di masa mendatang.

Dosen lain, Dr Bernard Loo, juga melontarkan pujiannya kepada anak bungsu dari empat bersaudara itu.

“Dia selalu memanggil saya Sir atau Pak, walau saya sudah berkali-kali mengatakan kepada mahasiswa bahwa mereka dapat memanggil nama pertama saya,” kata Dr Loo mengawali ceritanya.

Koordinator Ilmu Studi Strategi itu juga mengenang penampilan Letkol Heri Oktavian yang selalu sopan dan rapi.

“Heri selalu memakai kemeja yang baru disetrika, celana panjang yang rapi, dan sepatu kulit."

"Padahal mahasiswa lain biasanya memakai pakaian santai dan kasual, baik itu kaos oblong atau celana pendek Bermuda.”

Walau sosoknya pendiam di kelas Analisis Kebijakan Pertahanan dan Keamanan yang diajarnya, Dr Loo menuturkan Heri Oktavian rajin menghubunginya untuk bertanya dan berdiskusi.

"Dia ingin memaksimalkan pembelajarannya selama dia di Singapura. Heri selalu sopan dan hormat, saya bisa melihat bahwa teman-temannya sangat mengaguminya," Dr Loo menambahkan.

Kedua dosen bergelar professor itu membanggakan Heri sebagai pemimpin alami dan sosok militer yang teliti.

Dr Loo mengakhiri dengan mengatakan, pernah suatu ketika dia bertanya kepada Heri mengapa dia bergabung dengan Angkatan Laut (AL) Indonesia.

Heri menjawab dia jatuh cinta dengan AL dan laut.

“Bahkan pada saat-saat terakhir, dia gugur karena melakukan apa yang paling dia sukai,” pungkas Dr Loo.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/26/190130870/eks-dosen-singapura-kenang-sosok-komandan-kri-nanggala-402-letkol-laut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke