Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awalnya Dirumorkan Hilang, Istri Kim Jong Un Muncul Pertama Kalinya dalam Setahun, Ini Foto-fotonya

PYONGYANG, KOMPAS.com – Istri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju, muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya pada Rabu (16/2/2021) setelah tidak kelihatan selama lebih dari setahun.

Ri Sol Ju muncul bersama Kim Jong Un saat menonton konser. Kemunculan Ri Sol Ju tersebut dipotret oleh media Partai Pekerja Korea, Rodong Sinmun, dan dirilis pada Rabu (17/2/2021).

Mereka hadir di acara tersebut yang menandai ulang tahun mendiang ayah Kim sekaligus mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il.

Dalam foto tersebut, Ri dan Kim tampak tersenyum saat mereka menonton konser di Teater Seni Mansudae di Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang.

Tidak seperti beberapa peristiwa sebelumnya, dalam foto yang diterbitkan oleh Rodong Sinmun tersebut para penonton tidak mengenakan masker atau menjaga jarak.

Surat kabar itu juga melaporkan bahwa Kim turut mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, tempat bersemayam jenazah ayah dan kakeknya yang dibalsem.

Ri biasanya sering menemani Kim ke acara-acara publik besar. Namun dia tidak terlihat sejak Januari 2020.

Sejak saat itu, kabar mengenai Ri tidak muncul dan memicu spekulasi mengenai kesehatan dan potensi kehamilannya.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Ri dirumorkan hilang. Namun rumor tersebut segera dibantah oleh Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan.

NIS mengatakan kepada anggota parlemen pada Selasa bahwa Ri tampaknya menahan diri dari kegiatan di luar untuk mencegah infeksi virus corona.

Namun, NIS mengatakan bahwa Ri tetap berada di depan rumah dan mengasuh anak-anaknya sebagaimana dilansir dari Reuters.

NIS meyakini bahwa Ri dan Kim memiliki tiga anak. Namun, hanya sedikit sekali info yang diketahui mengenai ketiga anak ini.

Di sisi lain, Korea Utara belum mengonfirmasi satu pun kasus Covid-19. Tetapi, NIS mengatakan Covid-19 di Korea Utara tidak dapat dikesampingkan.

Pasalnya, negara itu memiliki pertukaran aktif dengan China, tempat virus pertama kali muncul, sebelum menutup perbatasan awal tahun lalu.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/17/082411470/awalnya-dirumorkan-hilang-istri-kim-jong-un-muncul-pertama-kalinya-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke