Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Militer Myanmar Bingung? Surati Rekan Sesama Pelaku Kudeta di Thailand Minta Bantuan Demokrasi

Prayuth yang pertama kali merebut kekuasaan dalam kudeta Thailand mengatakan Militer Myanmar meminta bantuannya untuk mendukung demokrasi.

Padahal kepala pemerintahan “Negeri Seribu Pagoda” ini menduduki kekuasaannya setelah menggulingkan perdana menteri terpilih pada 2014. Prayuth tetap menjabat setelah pemilu 2019, kekuasaan yang menurut para pesaingnya sangat cacat.

Melansir Reuters kepada wartawan di Bangkok, pria yang besar dalam keluarga militer itu mengatakan selalu mendukung demokrasi di negara tetangga.

Sementara tentara Min Aung Hlaing menggulingkan pemimpin sipil terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari dan menahannya. Militer Myanmar menuduh kecurangan dalam pemilihan tahun lalu bahwa partainya menang telak. Komisi pemilihan telah menolak klaim tentara tersebut.

"Kami mendukung proses demokrasi di Myanmar tetapi yang terpenting saat ini adalah menjaga hubungan baik karena berdampak pada masyarakat, ekonomi, perdagangan perbatasan, terutama sekarang," kata Prayuth.

"Thailand mendukung proses demokrasi. Selebihnya terserah dia bagaimana melanjutkannya," katanya.

Sejak kudeta, Myanmar telah dikejutkan oleh protes terbesar dalam lebih dari satu dekade. Terakhir ketika para pendukung Suu Kyi menentang kudeta dan berhasil menghentikan pemerintahan junta selama satu dekade menuju transisi demokrasi.

Sedangkan Thailand menyaksikan protes terbesarnya dalam beberapa dekade tahun lalu.

Lawan-lawan Prayuth menuntut dia mundur, menuduhnya merekayasa pemilu terakhir untuk melanjutkan dominasi politik Thailand oleh tentara dan monarki. Tapi, dia menyangkal adanya gangguan.

Tentara Thailand dan Myanmar memiliki hubungan kerja yang erat dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun ada sejarah permusuhan yang panjang antara kedua negara.

Di lain sisi, demonstrasi anti-kudeta militer di Myanmar sudah menginjak hari ke-6. Demonstran yang menyuarakan pendapat secara damai mencuri perhatian publik dengan kreativitas mereka di jalan-jalan kota. 

Setidaknya satu orang diketahui mengalami luka serius karena kekerasan yang mulai dilakukan militer terhadap demonstran.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/11/122655770/militer-myanmar-bingung-surati-rekan-sesama-pelaku-kudeta-di-thailand

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke