Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biden: AS Tidak Akan Cabut Sanksi Ekonomi terhadap Iran Kecuali...

Hal itu ada pengecualiannya yakni jika Teheran lebih dulu memotong biaya pengayaan uraniumnya kembali ke tingkat yang disepakati pada pakta nuklir 2015 yang bertujuan menahan perkembangan senjata nuklir.

Biden mengatakan dia ingin AS bergabung kembali dengan perjanjian nuklir dengan Iran yang sebelumnya ditarik oleh mantan Presiden Donald Trump.

Tetapi ketika ditanya langsung dalam wawancara CBS News yang ditayangkan pada Minggu apakah AS akan mencabut sanksi terlebih dahulu untuk membuat Iran kembali ke negosiasi, Biden menjawab dengan sederhana, "Tidak."

Dia mengangguk setuju dengan penyiar CBS Norah O’Donnell bahwa Teheran harus berhenti memperkaya uranium pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang diizinkan berdasarkan perjanjian.

Pakta nuklir tersebut memungkinkan Iran untuk memperkaya uranium pada tingkat konsentrasi 3,67 persen.

Tetapi sejak pertengahan 2019, pengayaannya meningkat 4,5 persen, dan kemudian bulan lalu menjadi 20 persen.

Para pakar mengatakan bahwa Teheran sekarang memiliki cukup persediaan uranium dengan pengayaan rendah untuk setidaknya dua senjata nuklir, jika memilih untuk melanjutkan pembuatannya.

Tetapi para pejabat Iran, yang telah lama skeptis terhadap pemerintah Barat, telah lama menyatakan bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan pada TV pemerintah bahwa jika Amerika Serikat ingin Iran kembali pada komitmennya, AS harus mencabut semua sanksi terhadap Iran.

Iran, menurut pemimpin itu, juga akan melakukan verifikasi untuk memeriksa apakah sanksi-sanksi tersebut sudah dicabut dengan benar.

"Maka kami akan kembali kepada komitmen kami," ujar Khamenei.

Pernyataan Khamenei yang disiarkan televisi adalah yang pertama sejak pelantikan Biden pada 20 Januari.

Namun dalam wawancara CNN setelah pernyataan Khamenei, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa tidak ada persiapan bahwa Iran menerima kompensasi dari AS untuk biaya sanksi yang dijatuhkan oleh Washington sebelum memulihkan pakta nuklir.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/08/065546970/biden-as-tidak-akan-cabut-sanksi-ekonomi-terhadap-iran-kecuali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke