Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kim Yo Jong Marah karena Korea Selatan Memata-matai Korea Utara

PYONGYANG, KOMPAS.com – Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, marah karena Korea Selatan mengabarkan jika Korea Utara menggelar parade militer.

Kim Yo Jong juga mengutuk Korea Selatan karena mengambil pendekatan yang bermusuhan terhadap sesama orang di Korea Utara.

Kim Yo Jong, dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh KCNA, juga mengonfirmasi bahwa Kongres Partai Buruh selama delapan hari telah berakhir pada Selasa (12/1/2021).

Saudaranya, Kim Jong Un, menguraikan tujuan militer Pyongyang selama pertemuan dalam kongres tersebut sebagaimana dilansir dari The Straits Times.

Kim Jong Un juga memerintahkan untuk meningkatkan persenjataan Korea Utara dalam menghadapi permusuhan Amerika Serikat (AS).

Kim Yo Jong menggunakan kata-kata seperti "idiot" untuk menggambarkan pejabat keamanan Korea Selatan karena menaruh begitu banyak perhatian kepada apa yang dilakukan Pyongyang selama kongres tersebut.

"Orang selatan (Korea Selatan) adalah kelompok yang benar-benar aneh yang sulit dimengerti," kata Kim Yo Jong.

Dia juga mengkritik intelijen militer Korea Selatan yang melacak pergerakan di Pyongyang dengan melaporkan bahwa Korea Utara mungkin mengadakan apa yang tampak seperti parade militer pada Minggu (10/1/2021) malam.

"Mengapa mereka sampai menjulurkan leher untuk melihat apa yang terjadi di (Korea) Utara?" ujar Kim Yo Jong melontarkan pernyataan retoris, menurut laporan KCNA.

Komentar Kim Yo Jong tersebut muncul setelah Kim Jong Un mengkritik habis-habisan AS dalam Kongres Partai Buruh.

Kim Jong Un menyebut AS sebagai musuh terbesar Korea Utara lalu mendorong kemajuan kemampuan nuklir dan militer Pyongyang.

Pernyataan Kim Jong Un tersebut meletakkan tantangan diplomatik baru bagi pemerintahan Joe Biden yang akan dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari mendatang.

"Kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk memperkuat kemampuan pencegahan perang nuklir dan mengembangkan kekuatan militer terkuat," kata Kim Jong Un.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/13/082811770/kim-yo-jong-marah-karena-korea-selatan-memata-matai-korea-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke