Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Sebut Biden "Presiden Terpilih AS"

Pernyataan itu disampaikannya setelah Decision Desk HQ sudah memproyeksikan bahwa Biden sudah memenangkan Negara Bagian Pennsylvania.

"Pagi ini (Jumat) sudah jelas bahwa Biden-Harris (Kamala Harris) memenangkan tiket ke Gedung Putih," ujar Pelosi kepada awak media.

"Presiden terpilih Biden mempunyai mandat yang kuat untuk memimpin," jelas Ketua DPR sejak 2019 itu seperti diberitakan AFP Jumat (6/11/2020).

Nancy Pelosi menuturkan, mereka patut untuk berbahagia karena Joe Biden merupakan sosok pemersatu dan bertekad untuk menyatukan semua orang.

Berdasarkan Decision Desk HQ di Twitter, Biden diproyeksikan sudah memenangkan Pennsylvania, yang berharga 20 suara elektoral.

Biden juga disebut meraih keunggulan tipis atas petahana Donald Trump di Georgia, sebelum negara bagian itu mengumumkan penghitungan ulang.

Demokrat sampai saat ini masih menahan diri untuk mengumumkan kemenangan. Meski begitu, Biden dilaporkan berencana berpidato.

Di sisi lain, Demokrat harus menelan kekecewaan karena sejumlah media sudah memproyeksikan bahwa mereka bakal kehilangan beberapa kuris di DPR AS.

Nancy Pelosi berusaha tidak mengomentari mengenai kehilangan itu. Tapi dia menegaskan dalam pemilu sela 2022, tidak akan ada nama Trump di ballot.

Partai Republik yang dikomandani oleh Trump hampir selalu kehilangan kursi di Kongres setiap kali digelar pemilu sela periode pertama.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/07/105111970/ketua-dpr-as-nancy-pelosi-sebut-biden-presiden-terpilih-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke