Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganjal Roda Dilepas dan Rem Blong, Pesawat Jet Tabrakan di Bandara

Dalam rekaman CCTV terlihat jet itu bergerak sendiri melintasi landasan pacu Bandara Internasional Aberdeen, Skotlandia.

Pilot dan kopilot berusaha menginjak rem, tapi karena blong kecelakaan pun tak terhindarkan.

Jet Flybe menabrak pesawat Loganair pada kecepatan 9,25 km/jam, membuat moncong pesawat itu menyelip ke bokong pesawat Loganair.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (9/10/2020), insiden itu terjadi pada 16 Juni dan dipublikasikan oleh Cabang Investigasi Kecelakaa Udara (AAIB).

Pesawat Flybe diparkir di Aberdeen sejak maskapai murah itu kolaps pada Maret, dan akan diterbangkan tanpa penumpang ke bandara di Jerman untuk disimpan kembali.

Akan tetapi karena pesawat sudah berbulan-bulan tidak terbang, kedua pilot itu rencananya tiba lebih awal untuk bersiap dan melakukan inspeksi ke pesawat.


Tak lama setelah pilot naik, ground crew melepas ganjal roda dan pesawat yang diparkir miring pun secara perlahan bergerak dengan sendirinya.

Sekitar 45 menit setelah ganjalan dilepas, ground crew melihat jet bergerak ke depan dan memberitahu pilot di dalamnya.

Kedua pilot berusaha melakukan pengereman tapi upayanya tak membuahkan hasil, dan pesawat pun terus melaju ke depan.

Para teknisi dan satu ground crew juga sempat berupaya memperlambat laju jet Flybe, tapi tetap gagal sampai akhirnya burung besi itu terhenti karena menabrak pesawat lain.

Akibat tabrakan ini pesawat Loganair bagian belakangnya terangkat dan rodanya tak lagi menyentuh tanah.

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam insiden ini, tapi kerusakan dilaporkan di kaca depan Flybe serta mesin kanan Loganair.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/10/161802170/ganjal-roda-dilepas-dan-rem-blong-pesawat-jet-tabrakan-di-bandara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke