Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Anaknya Bisa Ikut Kelas Online, Ayah di India Jual Sapi untuk Beli Smartphone

Karena pandemi virus corona yang menghantam di seluruh dunia, pembelajaran yang semula tatap muka di rumah terpaksa dilakukan di rumah masing-masing.

Situasi itu menjadi tantangan bagi Kuldeep Kumar, seorang pemerah susu yang tidak mempunyai ponsel, apalagi kuota internet.

Agar anaknya bisa tetap mendapatkan pendidikan, dia terpaksa menjual sapi yang menjadi sumber pemasukannya seharga 294 dirham, atau Rp 1,1 juta.

Dengan uang itu, Kumar membeli smartphone untuk dua anaknya, sehingga mereka tetap bisa mengikuti kelas online di tengah wabah.

Dilansir Gulf News Jumat (24/7/2020), keluarga Kumar dilaporkan tinggal di kandang sapi yang berlokasi di desa Gummer, Distrik Kangra.

Kedua anak Kumar, Anu dan Vansh, saat ini duduk di kelas empat dan dua, di sekolah yang memang diperuntukkan keluarga dari ekonomi ke bawah.

Dia menuturkan dengan pekerjaannya sebagai penjual susu dan istri yang buruh harian, mereka tidak punya cukup uang untuk membeli ponsel.

"Saya merasa bersalah karena saya tidak bisa menyediakan alat bagi dua anak saya sehingga mereka bisa mengikuti pembelajaran daring," kata dia.

Sebelum menjual salah satu sapinya, media India melaporkan pasangan itu sempat mendatangi bank dan rentenir untuk mencari pinjaman, namun ditolak.

Aktor Bollywood siap membantu

Begitu cerita mengenai Kumar viral di media sosial, aktor Bollywood Sonu Sood bersuara dengan menyatakan dia siap membantunya.

"Biarkan sapi pria ini kembali kepadanya. Bisakan seseorang memberikan saya detilnya," ujar Sood dalam unggahan bertanggal 23 Juli.

Sood, yang sudah mendapat predikat "pahlawan" karena membantu orang miskin selama pandemi virus corona kembali menuai pujian.

https://www.kompas.com/global/read/2020/07/25/181122670/agar-anaknya-bisa-ikut-kelas-online-ayah-di-india-jual-sapi-untuk-beli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke