Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Covid-19 Tengah Melonjak, 85 Bayi di Bawah 1 Tahun di Texas Positif Terinfeksi

AUSTIN, KOMPAS.com - Di satu county di Texas melaporakan terdapat 85 bayi di bawah usia 1 tahun positif tertular virus corona di tengah kasus yang melonjak di dalam negeri. 

Melansir New York Post pada Sabtu (18/7/2020), hasil tes dari 85 bayi tersebut dikonfirmasi di Nueces County, di Gulf Coast, Texas, yang terjadi saat di dalam negeri sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Kami saat ini memiliki 85 bayi di bawah usia satu tahun di Nueces County yang semuanya dinyatakan positif Covid-19," Direktur Kesehatan Masyarakat untuk Corpus Christi Nueces County, Annette Rodriguez, mengatakan kepada CNN.

Rodriguez menyampaikan kesedihannya terhadap bayi-bayi yang bahkan belum melewati ulang tahun pertama mereka.

"Tolong bantu kami menghentikan penyebaran penyakit ini," ujar Rodriguez.

Texas adalah salah satu negara bagian di antara puluhan negara bagian Amerika Serikat yang tengah berjuang melawan virus corona yang kembali merebak setelah dibukanya kembali aktivitas ekonomi di dalam negeri, sama halnya yang terjadi di Florida, Arizona, dan Oklahoma.

Menurut laporan Texas Tribune, penguji Medis Nueces County, Adel Shaker mengatakan bahwa pekan lalu, ada seorang bayi laki-laki berusia kurang dari 6 bulan meninggal setelah dites positif virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan bahwa terdapat data yang menunjukkan bayi yang berusia di bawah 12 bulan bisa berisiko lebih tinggi untuk terserang Covid-19 yang parah dibandingkan dengan anak yang berusia lebih tua.

Namun, data kasus yang terjadi jumlahnya "terbatas".

Sementara, kasus Covid-19 di seluruh Texas jumlahnya telah meningkat dengan cepat sejak pertengahan Juni.

Negara bagian itu membuat rekor pada Kamis (16/7/2020) ketika melaporkan terdapat lebih dari 15.000 kasus Covid-19 baru terjadi.

Hampir 326.000 warga Texas dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan lebih dari 3.800 orang meninggal pada Sabtu malam (18/7/2020), menurut data dari Johns Hopkins University.

Perwakilan Texas, Sheila Jackson Lee dan Joaquín Castro mengirim surat kepada Gubernur Greg Abbott, pada Jumat (17/7/2020), yang berisi desakan untuk mempertimbangkan ulang langkah pembukaan kembali aktivitas ekonomi di Texas dan mengizinkan yurisdiksi lokal untuk membuat kebijakan karantina mandiri.

“Kita perlu memberikan otoritas lokal kepada county dan kota setempat untuk melakukan apa yang menjadi kepentingan terbaik wilayah mereka,” tulis Jackson Lee dan Castro.

https://www.kompas.com/global/read/2020/07/21/235526370/kasus-covid-19-tengah-melonjak-85-bayi-di-bawah-1-tahun-di-texas-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke