Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Korban Longsor Tambang Batu Giok: Tolong Kembalikan Ayahku

Salah seorang penambang, yang tidak disebutkan namanya, mengenang kembali momen bersama salah satu penambang yang tewas.

Salah satu korban yang tewas tersebut diungkapkannya memiliki hati yang baik karena kedermawanannya selama masa sulit di tambang batu giok.

Korban yang telah tewas itu diakuinya sering membagikan makanan selama masa-masa sulitnya menjadi penambang batu giok.

Sementara itu salah satu anak korban tewas, Hnin Wati, tak sanggup menahan kesedihannya. "Tolong, kembalikan ayahku," ujar Hnin.

Di sisi lain, beberapa broker batu giok menggalang dana secara daring pada Kamis untuk disumbangkan kepada keluarga korban tewas.

Bencana yang terjadi pada Kamis tersebut mendapatkan perhatian internasional. 

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengungkapkan kesedihan mendalam terhadap korban tewas dan turut berbela sungkawa terhadap keluarga korban.

"PBB siap berkontribusi terhadap upaya pemulihan bagi populasi yang terdampak," ujar juru bicara Antonio Guterres, Stephane Dujarric, sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, Jumat (3/7/2020).

Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, mengungkapkan kesedihannya pada Jumat. Dia menyalahkan pengangguran sebagai biang keladi dari bencana tersebut.

Suu Kyi berbicara melalui siaran langsng di Facebook bersama perwakilan dari industri konstruksi.

Dia menyesalkan para penambang tidak memiliki cara lain untuk menyambung hidup sehingga mereka terpaksa menjadi penambang lepas.

Namun para kritikus menyalahkan perusahaan pertambangan atas bencana tersebut sekaligus menyalahkan lemahnya penegakan hukum terhadap pelanggar keselamatan kerja. 

Organisasi investigator pemerintah dan korporasi yang berbasis di London, Global Witness, menyebut tanah longsor tersebut sebagai kegagalan pemerintah dalam menangani industri pertambangan yang ceroboh dan tidak bertanggung jawab.

Global Witness juga menuduh industri pertambangan batu giok di Myanmar didominasi oleh perusahaan-perusahaan kuat yang terkait dengan militer dan kelompok-kelompok bersenjata beserta kroni-kroninya.

Hingga saat ini, jumlah mayat yang berhasil ditemukan sebanyak 166 jenazah. Diyakini masih ada korban yang tertimbun longsor.

https://www.kompas.com/global/read/2020/07/04/161355270/anak-korban-longsor-tambang-batu-giok-tolong-kembalikan-ayahku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke