Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dipulangkan karena OTG, Pria Positif Covid-19 Ditemukan Tewas di Perhentian Bus

Usut punya usut, dia ternyata dipulangkan karena dianggap Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diminta menjalani karantina di rumah.

Foto jenazahnya di perhentian bus kemudian viral di media sosial. Memunculkan kemarahan publik karena otoritas setempat dianggap salah menanganinya.

Korbna diidentifikasi bernama Gunvant Makwana, seorang warga yang tinggal di Danilimda, Ahmedabad, Negara Bagian Gujarat, India.

Dilansir Gulf News Senin (18/5/2020), pada 10 Mei dia sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Ahmedabad, di mana dia masuk ke bangsal isolasi.

Menurut Dr MM Prabhakar rumah sakit dikutip The Hindu, pasien itu segera diperiksa di mana hasilnya dia positif menderita Covid-19.

Namun, Makwana kemudian dipulangkan dan diminta untuk menjalani karantina secara mandiri di rumah karena dia dianggap sebagai OTG.

"Dia dipulangkan pada 14 Mei karena menunjukkan gejala ringan. Berdasarkan panduan baru, penderita gejala ringan diminta mengarantina diri," kata Prabhakar.

Nahas, Makwana ditemukan tewas pada 15 Mei pagi waktu setempat di depan perhentian bus Danilimda, dengan fotonya menjadi viral.

Polisi segera membawa jenazah Makwana untuk kemudian dilakukan pemeriksaan post-mortem, dengan anaknya, Kirti, sudah diberitahu.

Media lokal melaporkan, Kirti mengatakan keluarganya tidak diberi tahu bahwa sang ayah sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Kami tidak tahu apa yang terjadi di rumah sakit umum karena dimasukkan ke bangsal isolasi. Kami juga tak boleh masuk ke sana," jelasnya.

Tidak dijelaskan mengapa dia tidak diantarkan saja oleh kendaraan yang berasal dari rumah sakit ke kediamannya begitu dia dinyatakan sembuh.

Tak pelak, kabar tersebut memantik kemarahan netizen. "Siapa yang akan bertanggung jawab? Tidak ada. Karena saat ini, tidak ada yang mau bertanggung jawab," kecam warganet dengan akun @kamaalrkhan di Twitter.

"Menteri Utama Vijay Rupani meminta kepada mantan menteri kesehatan JP Gupta menyelidiki, dengan laporannya diserahkan 24 jam kemudian," ujar kantor Rupani.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/18/225053470/dipulangkan-karena-otg-pria-positif-covid-19-ditemukan-tewas-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke