Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Beasiswa S2-S3 yang Menanggung Biaya Tes IELTS

Kompas.com - 22/03/2024, 16:04 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tes bahasa seperti International English Language Testing System (IELTS), Test Of English as a Foreign Language (TOEFL), dan Duolingo menjadi salah satu persyaratan utama untuk mendaftar seleksi beasiswa ke luar negeri.

Kemampuan Bahasa Inggris pendaftar beasiswa sangat penting untuk kelancaran pembelajaran dan berkomunikasi di negara asing.

Namun, biaya tes bahasa seperti IELTS atau TOEFL sering kali menjadi kendala bagi para pendaftar beasiswa. Terutama biaya tes IELTS yang berada di kisaran Rp 3 juta hanya untuk satu kali tes.

Walaupun tes IELTS paling banyak dipercaya oleh kebanyakan universitas ternama di luar negeri, tetapi biaya tes IELTS sering dianggap terlalu berat oleh para pendaftar beasiswa.

Baca juga: Kapan Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 Dibuka? Simak Lagi Syarat Daftarnya

Namun, ada beberapa jalur beasiswa yang menawarkan reimburse atau pengembalian biaya penuh untuk tes IELTS. Pengembalian dilakukan saat pendaftar dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa.

Berikut daftar jalur beasiswa dan universitas yang menawarkan reimburse biaya tes IELTS:

Manaaki New Zealand Scholarship

Manaaki New Zealand Scholarship merupakan program beasiswa yang menawarkan kepada pelajar di seluruh dunia untuk belajar di perguruan tinggi New Zealand. Beberapa perguruan tinggi yang tersedia yaitu:

1. Victoria University of Wellington

2. Auckland University of Technology

3. University of Auckland

Beasiswa ini menawarkan reimburse biaya IELTS sebanyak satu kali tes. Jenjang pendidikan yang ditawarkan yaitu pendidikan S2 dan S3. Pendaftaran beasiswa ini berlangsung pada 1 - 29 Februari 2024 dengan jenis beasiswa full scholarship.

Baca juga: 4 Beasiswa S1 Korea Selatan yang Beri Kuliah Gratis dan Uang Saku

British Council Scholarship For Women in STEM

Program ini menawarkan beasiswa kepada perempuan untuk belajar Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) di perguruan tinggi yang ada di Inggris. Program ini menawarkan jenjang pendidikan S2 dengan jenis beasiswa full scholarship.

Namun, peserta wajib kembali ke negara asal maksimal 2 tahun setelah pendidikan. Program ini juga menawarkan reimburse biaya IELTS sebanyak satu kali tes.

Global Korea Scholarship

Program terakhir yaitu Global Korea Scholarship (GKS) yang menawarkan beasiswa dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 di Korea Selatan.

Beasiswa ini memberikan bantuan biaya untuk pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya belajar Bahasa Korea selama satu tahun, dan tentunya reimburse biaya IELTS sebanyak satu kali tes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com