Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024 dan Persyaratannya

Kompas.com - 09/12/2023, 08:32 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum Penanggung Jawaban Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof Ganefri Ph D mengatakan, pada SNPMB 2024 terdapat tiga jalur masuk PTN 2024 yang bisa dicoba para calon mahasiswa.

Jalur masuk PTN yang pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), kemudian setelah SNBP selesai dilaksanakan dibuka jalur Ujian Tulis Berdasarkan Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dan yang terakhir adalah jalur Mandiri.

Prof Ganefri mengatakan, ada tiga skema yang dibuka yakni SNBP berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri. Biaya ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga: Jadwal Lengkap SNPMB 2024: SNBP dan UTBK SNBT

"Kuota minimum 20 persen. Diberi kebebasan juga pada perguruan tinggi ada yang menerapkan 30 persen ada yang 20 persen melalui jalur undangan ini. Tapi wajib minimum 20 persen dari SNBP. Kecuali yang perguruan tinggi badan hukum, SNBT dibatasi minimum 30 persen dan jalur mandiri maksimum 50 persen," ungkap Prof. Ganefri dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube SNPMB BPPP, Jumat (8/12/2023).

Jalur masuk PTN 2024

Jalur kedua yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT). SNBT berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN.

Pelaksanaan tes menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Untuk kuota jalur SNBT minimum 40 persen.

"Calon mahasiswa yang masuk melalui SNBT yang paling dianggap bisa melakukan proses seleksi secara fair karena tergantung pada individunya. Diharapkan kuotanya semakin banyak," terang Prof.

Jalur ketiga adalah jalur mandiri. Seleksi jalur ini dapat menggunakan nilai UTBK. Berbagai perguruan tinggi bisa menggunakan nilai UTBK bagi calon mahasiswa lulusan 2024.

Baca juga: SNPMB 2024: Siswa yang Lolos SNBP Tidak Boleh Daftar Jalur Mandiri PTN

Namun, bagi siswa gap year yakni lulusan 2023 dan 2022 yang mengikuti jalur mandiri bisa mengikuti tes berbasis komputer di PTN masing-masing.

"Jalur mandiri diserahkan sepenuhnya kepada PTN namun sesuai rambu-rambu Permendikbud nomor 62 tahun 2023," imbuh Prof. Genefri.

Baca juga: SNPMB 2024: Cek Daya Tampung ITS Semua Jurusan Jalur SNBP

Syarat daftar SNBP dan SNBT

Bagi siswa kelas 12 yang dinyatakan eligible untuk mendaftar SNBP 2024, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

Siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS sesuai dengan ketentuan
  • Wajib mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Sedangkan bagi siswa kelas 12 dan siswa gap year yang akan mendaftar UTBK SNBT 2024, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII atau kelas terakhir pada tahun 2024 atau Peserta didik
Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)

2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2022 dan 2023 atau Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)

3. Membayar biaya UTBK (kecuali peserta KIP-Kuliah)

Baca juga: Mekanisme SNPMB 2024 Diumumkan, Intip Daya Tampung SNBT UGM

Demikian jalur masuk PTN 2024 dan syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa. Sedangkan untuk jalur mandiri, persyaratannya akan berbeda-beda bergantung perguruan tinggi negeri masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com