Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah Gratis? Cek 7 Beasiswa S2 Dalam Negeri Ini

Kompas.com - 09/09/2023, 09:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 tapi terkendala finansial, maka bisa mencoba daftar beasiswa kuliah.

Tentu, beasiswa ini bagi lulusan S1 yang kemudian berniat untuk lanjut studi S2 di dalam negeri.

Ada beberapa info beasiswa S2 dalam negeri yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa. Bahkan nanti bisa dapat fasilitas kuliah gratis serta tunjangan yang lain.

Informasi ini dilansir dari laman resmi masing-masing penyedia beasiswa kuliah, baik dari pemerintah atau perusahaan swasta.

Baca juga: 7 Tips Menulis Personal Statement untuk Daftar Beasiswa S2

Info beasiswa S2 dalam negeri

1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Tentu beasiswa ini sudah sangat terkenal dan favorit di tanah air. Beasiswa dari Kemenkeu juga memberikan banyak benefit.

Nantinya, jika kamu berhasil lolos beasiswa LPDP, kamu bisa memilih beasiswa luar negeri atau dalam negeri.

Untuk informasi lengkap beasiswa LPDP dapat dilihat dari laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa Unggulan adalah pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia pada perguruan tinggi penerima peserta didik program Beasiswa Unggulan.

Adapun salah satu syarat untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek ialah belum memasuki usia 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran bagi mahasiswa baru atau belum memasuki usia 33 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan.

Ada juga syarat memiliki surat penerimaan/keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru.

Baca juga: Jihan, Lulusan UB Bisa Wujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri

Informasi lengkap beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek dapat dilihat di laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

3. Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Untuk beasiswa S2 dalam negeri berikutnya ialah BIB. Ini beasiswa kolaborasi dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama.

Adapun beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang merupakan program beasiswa kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP yang diberikan kepada lulusan program D4 atau S1 yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melanjutkan studi jenjang S2 di Perguruan Tinggi dalam negeri.

Sedang sasaran beasiswa yakni lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK)/Ma’had Aly, Alumni Program Beasiswa Berprestasi (PBSB), Dosen PTK dan Dosen PAI di PTU, Guru dan Pengawas di Lingkungan Kementerian Agama, Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama.

Untuk info Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dapat dilihat di laman https://beasiswa.kemenag.go.id/beasiswa-magister-s2-reguler-dalam-negeri/.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com