Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pramuka Darul Hikmah Kutoarjo Islamic School Jadi Wakil Indonesia di "ASEAN Scout" Thailand

Kompas.com - 28/08/2023, 10:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gerakan Pramuka Darul Hikmah Kutoarjo Islamic School (DH-KIS), Purworejo, Jawa Tengah, akan mewakili Indonesia berpartisi dalam Jambore ASEAN di Thailand yang akan berlangsung pada 27 Agustus hingga 4 September 2023.

Sebanyak 11 anggota Pramuka akan mewakili sekolah dalam acara prestisius ini. Kontingen dilepas secara resmi pada hari Sabtu, 26 Agustus, di Bandara NYIA Kulon Progo oleh Direktur DH-KIS, Eko Andi Hartono didampingi pembina mereka, Wasly dan Eko.

Kehadiran DH-KIS dalam Jambore ASEAN ini bukan hanya sekadar partisipasi, tetapi juga menjadi kesempatan emas mempromosikan Kabupaten Purworejo secara internasional, dan tentunya sekolah mereka sendiri.

"Anggota Pramuka yang mewakili DH-KIS di Jambore ASEAN di Thailand ini memiliki tanggung jawab besar untuk menyebarkan pesan positif tentang Gerakan Pramuka, Indonesia, khususnya Kabupaten Purworejo, dan tentu saja, DH-KIS," ujar Eko Andi Hartono.

"Ini adalah kesempatan luar biasa untuk berbagi budaya, pariwisata, dan potensi lokal yang dimiliki oleh Purworejo, mengingat bahwa kegiatan ASEAN Scout Adventure VI ini juga akan mengunjungi Malaysia, Singapura, dan Thailand," tambahnya.

Pembina Pramuka DH-KIS, Wasly Nur Rahman berpesan kepada kontingen agar memanfaatkan acara ini sebagai kesempatan memperdalam pemahaman mereka tentang budaya ASEAN dan juga untuk belajar dari penyelenggaraan Jambore ASEAN di Thailand.

Baca juga: Kabupaten Klaten Jadi Titik Pemberangkatan Estafet Tunas Kelapa Pramuka Kwarda Jateng

 

Wasly juga mengungkapkan harapannya, kontingen DH-KIS harus menjadi yang terbaik dalam acara ini.

Gerakan Pramuka Darul Hikmah Kutoarjo Islamic School (DH-KIS) 
DOK. DH-KIS Gerakan Pramuka Darul Hikmah Kutoarjo Islamic School (DH-KIS)

Kontingen DH-KIS akan berangkat pada tanggal 26 Agustus 2023, dan diperkirakan akan tiba di Thailand pada Hari Ahad, 27 Agustus 2023. Kontingen ini terdiri dari 12 orang, dengan 11 peserta dan 1 pembina.

Rencananya mereka akan mengikuti berbagai kegiatan seperti ASEAN Scouts Camp, kunjungan ke Hat Yai, Songkhla untuk studi komparatif, dan penampilan dari daerah dan negara masing-masing.

Kami berharap kontingen Darul Hikmah Kutoarjo Islamic School akan sukses dalam menjalani pengalaman berharga ini dan akan menjalankan tugas mereka untuk mempromosikan Gerakan Pramuka, Indonesia, Kabupaten Purworejo, dan DH-KIS dengan penuh semangat," ungkap Eko Andi Hartono.

Baca juga: Contoh Penerapan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari

"Semoga mereka dapat membawa pulang pengalaman berharga yang akan membentuk masa depan mereka dan menginspirasi generasi muda lainnya. Selamat berjuang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com