Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Syarat Pendaftaran Beasiswa D3-S1 Kutai Timur 2022

Kompas.com - 19/10/2022, 11:01 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Beasiswa Kutai Timur bagi mahasiswa D3, D4 dan S1 sudah dibuka sejak 17 Oktober 2022 hingga 4 November 2022.

Mahasiswa dari Kutai Timur yang membutuhkan bantuan pendidikan bisa memanfaatkan Beasiswa Kutai Timur 2022 ini.

Sekilas informasi bahwa beasiswa Kutai Timur merupakan salah satu diantara 7 Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur di Bidang Pendidikan.

Beasiswa Kutai Timur bertujuan meningkatkan taraf pendidikan masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kutai Timur yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Sejak Dulu hingga Sekarang

Beasiswa Kutai Timur 2022

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan memberikan bantuan beasiswa bagi putra dan putri Kutai Timur yang mengikuti pendidikan tinggi sampai dengan tuntas dan stimulan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Melansir dari laman resmi beasiswa.kutaitimurkab.go.id, Rabu (19/10/2022), berikut informasi lengkap mengenai pendaftaran beasiswa Kutai Timur.

Beasiswa diberikan sekaligus dan/atau bertahap, dengan alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan, jenis pendidikan, tempat perguruan tinggi atau menurut perjanjian kerjasama, ketersediaan anggaran serta dengan melihat kebutuhan minimal mahasiswa.

Beasiswa diberikan sesuai dengan sisa waktu penyelesaian pendidikan secara normal, terhitung dari semester pada saat dilakukan pendaftaran.

Beasiswa yang diberikan paling lama bagi mahasiswa Diploma III maksimal 3 tahun atau 6 semester. Diploma IV maksimal 4 tahun atau 8 semester. Sedangkan bagi mahasiswa Strata 1, beasiswa akan diberikan maksimal 4 tahun atau 8 semester.

Baca juga: Beasiswa Telkom University 2023 bagi Siswa SMA-SMK, Kuliah Gratis

Jenis beasiswa Kutai Timur

Jenis Program Beasiswa Tuntas tahun 2022 terdiri dari :

  • Beasiswa kutai Timur – Umum
  • Beasiswa Kutai Timur - Khusus
  • Beasiswa Kutai Timur – Umum, diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan prestasi non-akademik.
  • Beasiswa Kutai Timur – Khusus, diberikan kepada mahasiswa yang memiliki anak/cucu veteran.

Syarat pendaftaran beasiswa Kutai Timur

1. Beasiswa Kutai Timur – Umum

A. Prestasi Akademik

  • Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa dan Surat
  • Keterangan Aktif Kuliah yang sedang berjalan, pada Perguruan Tinggi minimal berakreditasi B dan program studi minimal berakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mengunggah (upload) nilai/transkrip nilai dengan ketentuan mahasiswa D3, D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggah (Upload) transkip nilai akademik yang diproleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00.
  • Mengunggah (upload) foto halaman depan buku rekening bank (BRI atau MANDIRI) yang mencantumkan nomor rekening aktif dan sesuai dengan identitas pendaftar.
  • Mengunggah (upload) surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain dan surat pernyataan bersedia mengikuti pendidikan sampai selesai ditandatangani di atas materai Rp 10.000,00. Format surat pernyataan agar diunduh di laman beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Surat pernyataan kebenaran dokumen ,ditandatangani di atas metrai Rp 10.000 apabila didapati dokumen dimanipulasi dapat dituntut secara hukum dan beasiswa akan dibatalkan format surat pernyataan agar diunduh beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Mengunggah (upload) bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) 1 semester terakhir. SPP yang dimaksud berupa biaya SKS dan biaya registrasi ulang, tidak termasuk uang gedung, premi asuransi, uang buku, uang praktikum, dan sejenisnya.

Baca juga: Mengenal Profesi Insinyur Sipil dan Kisaran Gajinya

B. Prestasi Non – Akademik

  • Mengisi formulir beasiswa melalui laman :beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa dan Surat Keterangan Aktif Kuliah yang sedang berjalan, pada Perguruan Tinggi minimal berakreditasi B dan program studi minimal berakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mengunggah (Upload) nilai dengan ketentuan bagi mahasiswa D3, D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggguh (Upload) transkip nilai akademik yang diproleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00
  • Mengunggah (upload) foto halaman depan buku rekening bank (BRI atau MANDIRI) yang mencantumkan nomor rekening aktif dan sesuai dengan identitas pendaftar.
  • Mengunggah (upload) surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain dan surat pernyataan bersedia mengikuti pendidikan sampai selesai ditandatangani di atas materai Rp 10.000. Format surat pernyataan agar diunduh di laman beasiswa.kutaitimurkab.go.id.
  • Surat pernyataan kebenaran dokumen ,ditandatangani di atas metrai Rp 10.000, apabila didapati dokumen dimanipulasi dapat dituntut secara hukum dan beasiswa akan dibatalkan, format surat pernyataan kebenaran dokumen dapat diunduh pada laman beasiswa.kutaitimurkab.go.id.
  • Mengunggah (upload) bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sejumlah 1 semester terakhir. SPP yang dimaksud berupa ajaya SKS dan HER/biaya registrasi ulang, tidak termasuk uang gedung, premi asuransi, uang buku, uang praktikum, dan sejenisnya.
  • Mengunggah (upload) serttifikat/Piagam/Penghargaan kejuaran resmi berjenjang bidang pendidikan, keagamaan, olahraga dan seni tingkat Nasional atau Internasional kategori juara 1,2 dan 3, yang diperoleh maksimal 2 tahun pada saat pendaftaraan.
  • Mengungah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 ke Amerika, Ada Tunjangan hingga Rp 1,2 Miliar

2. Beasiswa Kutai Timur – Khusus

A. Anak/cucuk veteran

  • Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan kartu mahasiswa dan surat keterangan aktif kuliah yang sedang berjalan,pada perguruan tinggi minimal berakreditasi B dan Program studi minimal berakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mengunggah (Upload) nilai dengan ketentuan bagi Mahasiswa D3 s.d. D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggguh (Upload) transkip nilai akademik yang diproleh sebelumnya dengan IPK 3,00
  • Mengunggah (upload) foto halaman depan buku rekening bank (BRI atau MANDIRI) yang mencantumkan nomor rekening aktif dan sesuai dengan identitas pendaftar.
  • Mengunggah (upload) surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain dan surat pernyataan bersedia mengikuti pendidikan sampai selesai ditandatangani di atas materai Rp 10.000. Format surat pernyataan agar diunduh di laman: beasiswa.kutaitimurkab.go.id
  • Mengunggah (upload) bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sejumlah 1 semester terakhir. SPP yang dimaksud berupa ajaya SKS dan HER/biaya registrasi ulang, tidak termasuk uang gedung, premi asuransi, uang buku, uang praktikum, dan sejenisnya.
  • Mengunggah (upload) surat keterangan anak/cucu kandung veteran dari legion veteran setempat.
  • Mengunggah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.

Baca juga: Aturan Baru Seragam Sekolah 2022, Kapan Pakaian Adat Digunakan?

Demikian informasi mengenai syarat pendaftaran  beasiswa Kutai Timur 2022. Bagi mahasiswa D3, D4, S1 dari Kutai Timur bisa memanfaatkan beasiswa Kutai Timur ini untuk meringankan biaya pendidikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com