Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didit Calon Ketua Iluni UI: Semua Harus Bawa Manfaat demi Bangsa Indonesia

Kompas.com - 30/07/2022, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) tengah mempersiapkan ketua umum untuk periode 2022-2025.

Adapun pemilihan langsung (Pemila) Iluni UI peride 2022-2025 bakal diadakan pada 27-28 Agustus 2022 mendatang. Ada empat calon ketua umum Iluni UI.

Keempat calon itu ialah Afdhal Aliasa, Ahmad Akbar, Didit Ratam, dan Gatot Prio Utomo. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, jurusan juga profesi.

Baca juga: Ini Jurusan Terfavorit Saintek dan Soshum di SIMAK UI 2022

Mereka berempat juga telah melakukan debat pada, Kamis (28/7/2022) di UI Salemba serta digelar secara hybrid.

Salah satu kandidat ketua umum Iluni UI, Didit Ratam juga telah berbagi pandangannya. Ia mengusung tema “Peran dan Posisi Organisasi Alumni dalam Mendorong Kohesi Kebangsaan ke Depan”.

Didit memaparkan pandangan terhadap tema, visi, misi, serta program kerja unggulan yang akan dibawa kelak jika diberi amanah menjadi Ketua Umum Iluni UI berikutnya.

Paparkan arti kohesi

Didit memaparkan, kohesi berarti kerekatan. Namun, dalam perspektif yang lebih sederhana, kata kohesi bagi dia mempunyai tiga unsur dari tiga suku kata.

"Tiga unsur itu yaitu untuk membangun, menguatkan, dan melestarikan kohesi kebangsaan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/2022).

Dijelaskan, Ko adalah komunikasi. Komunikasi adalah kunci menemukan kesamaan arah tujuan, menemukan kesamaan pandangan, menemukan kesamaan langkah kedepan.

Baca juga: Nadiem Makarim Minta Alumni Jadi Contoh Sukses Program MBKM

He yaitu heterogen. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang heterogen, dan Indonesia mempunyai empat pilar untuk mempersatukan bangsa yang heterogen ini yakni:

"Ini adalah upaya para founding fathers untuk merajut persatuan. Perbedaan, yes. Namun membeda-bedakan, no," jelasnya.

Sedangkan yang ketiga, Si yaitu sinergi. "Kita memerlukan kohesi karena kita perlu bersinergi untuk membawa manfaat untuk bangsa Indonesia. Kolaboratif, inklusif," imbuh Didit.

Iluni UI sebagai sarana bersua, berkarya, dan berdampak nyata, merupakan visi yang dibawa Didit dalam kontestasi Pemila Ketua Umum Iluni UI ini.

Didit percaya bahwa melalui program kerja unggulan yang dibawanya, Iluni UI dapat secara nyata membawa manfaat yang lebih melalui program kerja unggulan yang ditujukan untuk 3 stakeholders, yaitu untuk alumni, almamater UI, dan Indonesia tercinta.

Semua demi Universitas Indonesia

Pada kesempatan itu, Didit menyampaikan bahwa kontestasi Pemila Iluni UI ini sesungguhnya adalah salah satu wadah silaturahmi segenap alumni UI, dengan mengedepankan keguyuban, kebersamaan dan kekeluargaan sebagai sebuah keluarga besar.

Para kandidat yaitu alumni mempunyai niat baik untuk berkomitmen memberi dedikasi bagi rumahnya sendiri, Universitas Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Itera Inovasi Filter Air Bersih Berbahan Limbah

"Semoga keguyuban dan kesatuan ini dapat terus kita bangun bersama," harapnya.

Adapun Pemila Ketua Umum Iluni UI akan dilaksanakan secara serentak melalui e-voting pada aplikasi UI Connect pada 27-28 Agustus 2022 mendatang, bersamaan dengan Musyawarah Nasional IX Iluni UI.

Nantinya, para alumni UI yang telah terverifikasi pada UI Connect, dapat menggunakan hak pilihnya dengan sistem one man one vote untuk memilih Ketua Umum Iluni UI Periode 2022-2025 yang akan membawa Iluni UI ke arah yang lebih baik demi alumni UI, almamater UI, dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com