Kompas.com - 07/07/2022, 11:34 WIB

 

KOMPAS.com - Pemerintah terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 booster.

Melalui juru bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, meminta kepada masyarakat untuk segera menambah proteksi diri berupa imunitas tubuh dengan vaksin Covid-19 booster.

Hal itu disampaikan pemerintah di tengah meningkatnya kasus Covid-19 dan mensyaratkan wajib booster untuk kegiatan atau aktivitas berskala besar seperti konser.

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji mendukung kebijakan tersebut. Ia mengatakan, kegiatan publik yang melibatkan orang dalam jumlah banyak berpotensi meningkatkan penularan. Apalagi Omicron varian baru BA.4 dan BA.5 tidak memperlihatkan gejala seseorang terinfeksi.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

“Orang yang sudah di booster memiliki kekebalan lebih dibanding yang baru vaksin dua kali. Terlebih lagi dibanding yang belum vaksin sehingga booster ini untuk melindungi dirinya dari kemungkinan paparan orang lain," katanya dilansir dari kampus UGM.

Menurutnya, bagi mereka yang sudah booster memang ada kebebasan dan bisa bepergian ke mana-mana karena memang memenuhi persyaratan.

Berbeda dengan mereka yang sakit tidak boleh ke mana-mana dan mereka harus isolasi mandiri.

Dengan kebijakan tersebut memang terkesan membatasi orang lain yang sedang sakit untuk tidak masuk ke ruang-ruang publik.

Hal ini dilakukan sebagai upaya agar tidak menularkan kepada mereka yang sehat dan sudah booster.

“Sehingga apabila ada orang yang sedang sakit diharapkan dirinya harus segera bisa melakukan skrining. Karena Omicron dengan segala variannya BA.4 maupun BA.5 tidak bergejala makanya orang tidak akan tahu kalau tidak diperiksa," terangnya.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.