Kompas.com - 30/06/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Tim Barunastra kebanggaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

Bahkan, mengalahkan kampus nomor 1 di dunia seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Michigan, Institute Tecnologico y de Extudios Superiores de Monterrey, Robotics Association of Embry-Riddle, AGH University of Science and Technology, Tel Aviv University, dan masih banyak lagi.

Capaian ini didapat ITS di ajang tahunan bertaraf dunia International Roboboat Competition (IRC) 2022 yang digelar di Florida, Amerika Serikat, Minggu (26/6/2022). 

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar Ulang SBMPTN 2022 Mahasiswa Baru ITS

Di ajang tersebut, ITS berhasil raih gelar Juara Umum. External Relations Tim Barunastra ITS Fatahillah Muhammad Daffa Shodiq mengatakan, ini bukan kali pertama timnya berlaga di ajang kompetisi prototipe robot kapal tersebut.

Tim Barunastra ITS telah berpartisipasi pada ajang IRC yang diadakan oleh Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI) ini sejak tahun 2016 dan telah meraih banyak penghargaan selama keikutsertaannya.

“Pada tahun 2018 dan 2019 sendiri, Barunastra ITS berhasil menjadi Juara Umum IRC berturut-turut dan meraih titel back-to-back champions,” ungkapnya dilansir dari laman ITS.

Pada IRC ini masing-masing tim berkompetisi dalam dua sublomba, yaitu Design and Documentation serta Autonomy Challenge.

Lebih lanjut, mahasiswa yang kerap disapa Fatah ini memaparkan, pada sublomba Design and Documentation, peserta ditantang untuk membuat Technical Design Report mengenai kapal buatannya dan Competition Strategy yang dibagikan di Youtube.

“Sedangkan sublomba Autonomy Challenge menantang kapal peserta untuk menjalankan berbagai misi seperti Navigation Channel, Avoid the Crowds, Find a Seat at the Show, Snack Run, Skeeball Game, dan Water Blast,” terangnya.

Baca juga: Nomor 6 Kampus Terbaik Nasional, Ini Posisi ITS di Peringkat Dunia

Tim Barunastra ITS yang berdiri sejak 2012 ini berhasil menyabet Juara I pada kedua sublomba tersebut. Tim Barunastra ITS menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan semua misi pada Autonomy Challenge.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.