Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sekolah Masak Terbaik di Dunia, Langkah Awal Menjadi Chef

Kompas.com - 29/04/2022, 11:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dalam industri kuliner, chef atau ahli memasak menjadi salah satu bagian paling vital. Mulai dari hotel, restoran, hingga berbagai industri membutuhkan ahli memasak. Maka, tak heran bila banyak orang tertarik untuk untuk menimba ilmu di sekolah masak terbaik di dunia.

Bila memasak identik dengan urusan kaum hawa, nyatanya banyak pula kaum adam yang tertarik menjadi chef andal. Bahkan tak jarang jebolan sekolah masak terbaik adalah pria.

Mengingat demand yang cukup besar ini, banyak negara pun mengembangkan sekolah-sekolah masak. Di antaranya bahkan ada yang sudah berusia lebih dari 100 tahun dan tentunya masuk dalam jajaran sekolah masak terbaik di dunia.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

Jika kamu memiliki mimpi menjadi seorang chef, berikut beberapa rekomendasi sekolah masak terbaik di dunia:

1. Le Cordon Bleu

Didirikan pada 1886 di Paris, Prancis, Le Cordon Bleu dikenal sebagai salah satu sekolah kuliner tertua di dunia. Tak hanya di Prancis, Le Cordon Bleu turut tersebar di berbagai belahan negara lainnya, seperti London, Australia, dan Kanada.

Di sini, silabus pelajaran berdasarkan ajaran dari pendirinya yang mahir masakan Prancis, Auguste Escoffier. Walau begitu, Le Cordon Bleu juga tetap mengikuti perkembangan zaman dengan memasukan cara modern dalam menyajikan makanan.

Beberapa lulusannya bekerja di tempat-tempat prestisius, mulai dari chef di restoran dan hotel ternama, konsultan makanan, jurnalis kuliner, ada pula yang memiliki bisnis restoran sendiri.

2. The International Culinary Center

berpusat di Campbell, California, The International Culinary Center atau kerap disingkat dengan ICC merupakan sekolah kuliner swasta nirlaba.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Sebagai institusi global dalam pendidikan khusus kuliner, pastry, dan anggur profesional, ICC hadir dengan misinya untuk melatih para pemimpin dan inovator kuliner generasi berikutnya serta memberi koneksi untuk berhasil dalam industri makanan dan wine.

Terdapat banyak program keahlian profesional serta kursus singkat yang diselenggarakan oleh ICC, beberapa di antaranya Profesional Culinary Arts, Profesional Pastry & Baking, serta Profesional Wine.

3. Auguste Escoffier School

Auguste Escoffier dikenal secara global sebagai sosok yang berhasil membuat revolusi pada kuliner Perancis Modern bersama Cordon Bleu.

Bisa dibilang, Auguste Escoffier School merupakan salah satu lembaga pendidikan seni kuliner terbaik di dunia. Selama kuliah, muridnya diajarkan tentang memasak secara teknis dan terampil seperti Auguste Escoffier. Sekolah kuliner ini juga menyediakan berbagai program kuliner sesuai pilihan.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

4. New England Culinary Institute

New England Culinary Institute atau NECI, merupakan perguruan tinggi kuliner nirlaba yang mendiami wilayah Montpelier, Vermont, serta turut mengelola sejumlah restoran serta layanan makanan untuk Vermont College dan National Life.

Daerah Vermont tak hanya dikenal melalui keberadaan NECI, namun juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, yakni garda terdepan Farm to Table Revolution – petani, pembuat keju, perkebunan anggur, dan produsen benih organik.

5. Culinary Arts Academy, Swiss

Culinary Arts Academy, Swiss memiliki tiga kampus yang tersebar di beberapa kawasan di Swiss, yakni Brig nan cerah, Lucerna nan bersejarah, dan tepi danau di Le Bouveret nan indah.

Pendidikan kuliner kontemporer menjadi daya tarik akademi ini. Para siswa akan difasilitasi dengan dapur mutakhir dan memiliki kemitraan profesional dengan pelopor industri kuliner maupun hotel.

Beberapa kemitraan yang sudah dijalin bersama, di antaranya dengan Ritz Paris Hotel, Mange Group, dan jaringan restoran vegetarian di Swiss. Nantinya, tempat-tempat ini menjadi sentra magang bagi para siswa selama studi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Kemitraan ini juga berkontribusi untuk membuat program dan spesialisasi akademik, kuliah tamu, menyediakan studi kasus dan diskusi, serta menjadi tuan rumah untuk memberikan wawasan tambahan kepada siswa tentang operasional kuliner secara nyata.

Maka tak heran jika Culinary Arts Academy, Swiss ini menjadi salah satu sekolah memasak terbaik di dunia. Bahkan, menjadi satu-satunya yang mendapat peringkat di QS World University Rangkings. Bukan hanya itu , sekolah ini juga telah disertifikasi oleh Jaringan Pendidikan Global Worldchefs, EduQua, dan The-ICE (Pusat Keunggulan Internasional dalam Pendidikan Pariwisata dan Perhotelan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com