Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan 8 PTN dan PTS Jurusan Perhotelan-Pariwisata di Bali

Kompas.com - 29/04/2022, 09:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bila kamu memiliki keinginan untuk kuliah di bidang perhotelan atau pariwisata, sekaligus menikmati keindahan Pulau Bali, ada sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bisa dipertimbangkan.

Keuntungan belajar mengenai pariwisata dan perhotelan di Bali adalah kamu berada langsung di "laboratorium" pariwisata terbesar di Indonesia bahkan sudah mendunia.

Buat kamu yang tertarik melanjutkan studi di Bali, pilihan kampus pariwisata dan perhotelan di Bali terbilang variatif. Bukan cuma kampus swasta, kamu juga bisa memilih jurusan bidang tersebut di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Bali.

Berikut pilihan PTN dan PTS bidang perhotelan atau pariwisata di Bali, merangkum laman Quipper Campus:

Baca juga: 28 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2022, Ada 10 PTS

1. Universitas Udayana

Kalau kamu mengincar PTN, nama Universitas Udayana mungkin sudah nggak asing lagi.

Universitas Udayana merupakan PTN paling tua di Provinsi Bali. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an.

Di kampus ini, kamu juga bisa belajar tentang pariwisata dan perhotelan. Pilihan jurusan di bidang tersebut yakni D4 Manajemen Perhotelan, S1 Pariwisata, dan S1 Industri Perjalanan Wisata.

2. Politeknik Internasional Bali (PIB)

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan kampus yang mengusung kurikulum tourismpreneurship, yakni pembekalan kewirausahaan (entrepreneur) di bidang pariwisata (tourism).

Mahasiswa akan melalui proses belajar yang didominasi praktik daripada teori. Mahasiswa juga berkesempatan magang di Amerika Serikat, Dubai, Singapura, Malaysia, hingga Thailand.

Baca juga: Lulusan Cepat Dapat Kerja, 8 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS 2022

Serunya, PIB yang berdiri di atas lahan 15 hektar ini adalah kampus bertema resort pertama di Indonesia.

PIB menghadirkan fasilitas berstandar internasional terbaik dan terlengkap di Indonesia. Pilihan program studinya yakni D3 Culinary Arts, D4 Hotel Management, dan D4 Event Management.

3. Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik Pariwisata Bali memiliki berbagai pilihan jenjang pendidikan mulai dari diploma hingga magister.

Pilihan jurusan diploma mulai dari D4 Administrasi Perhotelan, D4 Manajemen Kepariwisataan, D4 Manajemen Akuntansi Hospitaliti, D4 Manajemen Bisnis Perjalanan, D4 Manajemen Konvensi dan Perhelatan, D3 Manajemen Divisi Kamar, D3 Manajemen Tata Hidangan, hingga D3 Manajemen Tata Boga.

Pilihan jurusan untuk jenjang sarjana adalah S1 Bisnis Hospitaliti dan S1 Destinasi Pariwisata. Selain itu, untuk program magister terdapat S2 Magister Terapan Pariwisata.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri UI 2022? Ini Jadwal SIMAK UI 2022 dan Biaya Kuliah

4. Politeknik Negeri Bali

Pilihan selanjutnya yakni Politeknik Negeri Bali yang punya jurusan di bidang pariwisata. Bahkan, bukan hanya jenjang D3 atau D4 saja, kampus ini juga memiliki program master dan doktor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com