Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Syarat Ikuti SNMPTN-Peminatan 2022 ITB

Kompas.com - 14/02/2022, 12:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)-Peminatan tahun 2022.

Sesuatu jadwal yang disampaikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahapan pendaftaran SNMPTN 2022 dilakukan dari 14 Februari sampai 28 Februari 2022.

Siswa yang dinyatakan eligible dan sudah melakukan proses Simpan Permanen bisa melakukan pendaftaran di Portal LTMPT.

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto menjelaskan mekanisme mengenai SNMPTN 2022 dan Peminatan-SNMPTN 2022. Selain itu juga dipaparkan program studi di Fakultas atau Sekolah yang terdapat program Peminatan-SNMPTN 2022.

3 skema penerimaan mahasiswa baru ITB

ITB menerima mahasiswa baru berdasarkan tiga skema penerimaan, yakni:

1. Fakultas atau sekolah, seperti Sekolah Farmasi (SF).

2. Fakultas atau Sekolah dan kampus, seperti Fakultas Teknologi Industri Ganesha (FTI-G), Fakultas Teknologi Industri Jatinangor (FTI-J), dan Fakultas Teknologi Industri Cirebon (FTI-C).

Baca juga: Daftar SNMPTN 2022, Ini Panduan Pilih Prodi di Portal LTMPT

3. Fakultas atau Sekolah dan Rumpun Ilmu, seperti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam rumpun ilmu Matematika (FMIPA-Matematika) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam rumpun ilmu Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-IPA).

"Terdapat kasus khusus di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati yang memiliki rumpun dan kampus yang berbeda. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Sains (SITH-S) berada di Kampus Ganesha, sedangkan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Rekayasa (SITH-R) berada di Kampus Jatinangor," kata Arief Hariyanto seperti dikutip dari laman resmi ITB, Senin (14/2/2022).

Ketentuan khusus pendaftaran SNMPTN-Peminatan ITB

Menurut dia, terdapat ketentuan khusus yang diberikan oleh ITB setelah mengikuti ketentuan umum yang diberikan oleh LTMPT.

1. Ketentuan khusus bagi peserta yang memilih FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, dan SAPPK harus berasal dari bidang studi SMA/MA IPA.

2. Ketentuan khusus bagi peserta yang memilih SBM harus berasal dari SMA/MA IPA atau IPS.

Baca juga: Beasiswa Universitas Pertamina, SPP Gratis dan Banyak Benefit Lain

 

3. Ketentuan khusus bagi peserta yang memilih FSRD harus berasal dari SMA/MA IPA/IPS/Bahasa atau SMK bidang seni rupa.

4. Ketentuan khusus bagi peserta tidak memiliki kondisi buta warna total maupun parsial untuk peserta yang memilih SITH, SF, FTTM, FSRD, Teknik Geologi (FITB), Teknik Kimia (FTI), Teknik Pangan (FTI), dan Kimia (FMIPA).

Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Irvan Christiawan menambahkan, ITB mengadakan SNMPTN-Peminatan 2022 untuk peserta yang sudah yakin akan pilihan di salah satu 18 program studi yang ditawarkan.

Syarat peserta yang mendaftar adalah peserta SNMPTN yang sudah memiliki kartu peserta dan saat mendaftar di akun LTMPT harus memilih Fakultas atau Sekolah dari program studi yang dipilih.

"Pendaftaran SNMPTN-Peminatan diadakan dari 14 Februari sampai 4 Maret 2022," imbuh dia.

Baca juga: RS Unhas Buka 29 Posisi Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA, D3-S1

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di portal dan media sosial admission ITB, yaitu https://admission.itb.ac.id/ dan akun Instagram di @admission.itb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com