Kompas.com - 07/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin masuk Universitas Indonesia (UI) 2022, saat ini ada pendaftaran mahasiswa baru jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talent Scouting (TS) tahun 2022.

Perwakilan Staf UI, Mikael Januardi Ginting, dalam Sosialisasi SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022 mengatakan untuk jalur PPKB dan TS akan kembali dibuka tahun 2022 namun masih dalam proses.

"PPKB dan Talent Scouting sedang on progress, kami di penerimaan mahasiswa baru UI sedang mempersiapkan surat undangan beserta prosedur dan panduan yang akan dikirimkan ke sekolah-sekolah," ucapnya seperti dikutip melalui akun YouTube resmi UI. 

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Kemungkinan di minggu ketiga Januari (surat undangan) sudah diterima sekolah. "Mungkin yang paling lama adalah yang paling jauh karena PPKB memperhatikan pemerataan kesempatan belajar baik dari daerah 3T atau yang belum diterima di UI sebelumnya," tambahnya.

Program PPKB dan TS ini, rutin dibuka setiap tahunnya. PPKB dan TS sendiri adalah jalur undangan rapor untuk masuk UI di jenjang S1 paralel, D3 Vokasi, dan S1 Internasional. Jalur ini bersifat terbatas dan hanya untuk sekolah tertentu yg mengajukan permohonan terlebih dahulu.

Untuk jalur PPKB akan dilakukan sistem seleksi berdasarkan pada pencapaian prestasi akademik siswa di sekolah.

Sedangkan TS UI KKI merupakan sistem seleksi berdasarkan undangan dari Universitas Indonesia untuk masuk ke jenjang S1 kelas internasional.

Bagaimana cara agar sekolah diundang PPKB/TS UI? Bagi sekolah yang ingin diundang jalur PPKB dan TS UI 2022 wajib mengajukan permohonan sebelum tanggal 8 Maret 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Sekolah juga harus mengirimkan surat permohonan dalam bentuk fisik/email kepada kepala kantor penerimaan mahasiswa baru UI, dengan melampirkan:

  • Profil sekolah
  • Akreditasi sekolah
  • Daftar alumni 3 tahun terakhir yang masuk PTN
  • Daftar siswa yang ingin mendaftar PPKB/Talent Scouting, beserta ranking di sekolah dan program studi pilihannya
  • Peserta PPKB & TS hanya dapat memilih 1 program studi saja

Jalur mandiri UI lewat PPKB dan TSDOK. Youtube UI Jalur mandiri UI lewat PPKB dan TS

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.