Kompas.com - 25/05/2021, 12:24 WIB
Karakter Ko Mun Yeo yang diperankan oleh Seo Ye Ji dalam drama It’s Okay To Not Be Okay. Hasil tangkap layar dari KoreabooKarakter Ko Mun Yeo yang diperankan oleh Seo Ye Ji dalam drama It’s Okay To Not Be Okay.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com- Bagi pencinta drama Korea, belum lama ini dikejutkan berita terkait artis Seo Ye Ji yang dituduh melakukan gaslighting kepada aktor Kim Jung Hyun.

Sikap posesif yang dilakukan Seo Ye Ji terhadap Kim Jung Hyun ini banyak diperbincangkan netizen di Korea maupun di Indonesia.

Bagi orang awam, tentu belum banyak yang tahu, apa itu gaslighting?

Gaslighting merupakan salah satu hubungan manipulatif. Hubungan ini bersifat tidak seimbang, dimana salah satu pihak menempatkan pihak yang lain di atas segalanya.

Baca juga: Jarak Domisili hingga Usia Jadi Kriteria Pemeringkatan PPDB Jatim 2021

Gaslighting merupakan hubungan yang tidak sehat

Gaslighting ini tentu jauh dari definisi hubungan yang sehat. Hubungan sehat yang dijalin dua orang tentunya haruslah bertimbal balik, memunculkan rasa bahagia, dan saling menghargai. Selain itu juga bisa menambah rasa percaya diri pada masing-masing individu yang terlibat.

Sedangkan hubungan yang tidak sehat atau hubungan manipulatif adalah hubungan yang hanya menguntungkan sebelah pihak saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Primatia Yogi Wulandari, perilaku gaslighting ini dapat mempengaruhi 'korban' sehingga meragukan penilaian dan persepsinya sendiri.

"Pernyataan seperti, aku nggak bohong, kamu terlalu membayangkan yang aneh-aneh. Aku cuma becanda. Masa gitu aja marah, biasanya muncul dari pelaku sehingga membuat korbannya kurang percaya diri. Pada titik tertentu, korban bahkan mempertanyakan kewarasannya," ujar Primatia seperti dikutip dari laman unair.ac.id, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Perusahaan Pelayaran Ini Buka Lowongan Kerja bagi D3/S1 Fresh Graduate

Perempuan yang akrab disapa Mima ini mengungkapkan, gaslighting dapat terjadi dengan atau tanpa disadari oleh korban, bahkan pelakunya.

Namun, motif yang dilakukan cukup jelas, yaitu menyelesaikan konflik dengan membuat korbannya menyetujui semua perbuatan pelaku.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.