Kompas.com - 22/02/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi data science Dok. Shutterstock By metamorworksIlustrasi data science

KOMPAS.com - Di tengah pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, memilih jurusan menjadi salah satu langkah yang harus dipikirkan matang-matang oleh calon mahasiswa.

Pasalnya, memilih jurusan di bangku perkuliahan bukanlah hal sepele. Sebab, akan berdampak pada masa depan seperti pemilihan profesi setelah lulus kuliah nanti.

Kondisi ini dialami oleh Siti Mahmudah seorang lulusan ekonomi yang kini berkarier sebagai Data Engineer di PT Metra-Net.

Meski salah memilih jurusan, awalnya Siti mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Akan tetapi, penyesalan pun datang ketika ia lulus kuliah dan mulai meniti karier.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

“Dulu aku cuek saat pilih jurusan kuliah karena enggak tahu mau jadi apa. Sekarang setelah lulus dan bekerja, baru menyesal karena merasa nggak punya skill,” ungkap Siti dalam keterangan tertulis DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Siti mengaku baru menyadari kalau passion-nya selama ini adalah mengolah data. Merasa "stuck" dengan pekerjaan sebagai seorang Project Management Officer (PMO) di divisi operasional, Siti lantas beralih menjadi seorang data engineer di sebuah perusahaan data.

Baca juga: 25 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

Otodidak mempelajari Data Science

Siti Mahmudah DQLab UMNDok. DQLab Siti Mahmudah DQLab UMN

Meski di tengah kesibukannya bekerja, Siti menyempatkan waktunya untuk
mengikuti sejumlah workshop tentang data, mempelajari SQL, dan mulai memahami tentang R.

“Untungnya ketemu dengan DQLab.id yang juga menggunakan R dan berbahasa Indonesia, jadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, ada fitur live coding juga jadi bisa langsung latihan dan tahu salahnya di mana”, ungkapnya.

Siti juga mengatakan, untuk memulai karier di dunia data yang terpenting ialah memahami proses bisnis terlebih dahulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X