Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lama Rebahan, Sandiaga: Mahasiswa Unpad Jadilah Agen Perubahan

Kompas.com - 13/02/2021, 22:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak mahasiswa Unpad untuk menggali semangat kewirausahaan.

Tak lupa bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Wisata Gunakan GeNose C19

"Jangan kelamaan rebahan, jadilah (mahasiwa) agen perubahan. Kembangkan ide usaha, wujudkan peluang mencetak pemenang," ungkap dia melansir laman Unpad, Sabtu (13/2/2021).

Lalu, kata Sandi, mahasiswa harus optimis dan bisa tumbuh. Sehingga ekonomi Indonesia di masa depan akan makin membaik.

"Dan Insya Allah seiring dengan "mantul" atau mantap betul, kita pantulkan ekonomi kita ke depan," ungkap dia.

Dia mengaku lahirnya industri kreatif berawal dari manusia yang kreatif. Anak muda dinilai sangat kreatif dan mampu melahirkan inovasi.

"Awal dari lahirnya industri kreatif adalah manusia kreatif, tidak mau diam, tidak mau berpangku tangan, terus bergerak, melihat masalah yang ada di sekitarnya dan menghadirkan jawaban," tegas dia.

Menurut dia, kreativitas dapat menjadikan inovasi sebagai solusi. Maka dari itu, pola pikir dan gaya hidup manusia harus berbasis inovasi dan kreativitas.

Sandiaga meyakini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit kembali dan menjadi tulang punggung perekonomian di masa mendatang.

Dia juga mengajak kolaborasi berbagai pihak untuk mendukung ekosistem kreatif digital melalui kebijakan dan program yang konkret.

"Saya secara resmi mengajak sivitas akademika Unpad untuk berkolaboraksi. Jadi kita jangan hanya beraudiensi, tapi kita harus lahirkan aktivasi," kata Sandi.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Etika Komunikasi WhatsApp dengan Dosen

Terkait kemampuan berwirausaha, Sandiaga menyebut ada tiga hal yang melandasinya. Yaitu, berinovasi, proaktif, dan mengambil risiko.

Dia menegaskan, saat ini memang semua orang sedang menghadapi pandemi Covid-19, makanya kolaborasi itu penting dilakukan oleh semua kalangan.

Mahasiswa Unpad bisa jadi wirausaha

Rektor Unpad, Rina Indiastuti mengaku, Unpad memiliki perhatian besar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa.

Dimulai dari pengenalan di tahapan persiapan bersama, serta beberapa program kewirausahaan mahasiswa, seperti KKN Tematik Kewirausahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com