Bantu Santri Pesantren, Kemenag Alokasikan Rp 307 Miliar

Kompas.com - 20/01/2021, 14:23 WIB
Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, mewajibkan para santri yang akan kembali ke pesantren, melakukan pemeriksaan Swab. KOMPAS.COM/HUMAS PESANTREN TEBUIRENGPesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, mewajibkan para santri yang akan kembali ke pesantren, melakukan pemeriksaan Swab.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama ( Kemenag), Muhammad Ali Ramdhani mengaku, Kemenag sangat konsen dengan keadaan santri pesantren di masa pandemi Covid-19.

Oleh karena, Kemenag telah menganggarkan dana sebanyak Rp 307 miliar untuk para santri pesantren.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal SPAN-PTKIN 2021

Dana itu, kata dia akan disalurkan lewat Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP) Pesantren.

"Dana BOS Pesantren Rp 162 miliar untuk 160 ribu santri. Sedangkan PIP Pesantren Rp 145 miliar untuk 188 ribu santri," kata dia dalam siaran pers, Rabu (20/1/2021).

Dia menyebutkan, Kemenag juga telah mengalokasikan anggaran insentif buat ustaz pesantren. Jumlahnya tidak besar, masing-masing akan memperoleh Rp 250 ribu.

Dia menyatakan, terkait BOP Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam di masa Pandemi Covid-19, merupakan bagian dari program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

"Itu bersumber dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-BUN) Tahun Anggaran 2020," ungkap dia.

Tingkatkan pendidikan pesantren

Menteri Agama ( Menag), Yaqut Cholil Qoumas memiliki komitmen untuk meningkatkan pendidikan pesantren di 2021.

Setidaknya, kata dia, ada beberapa program yang akan dilakukan, yakni akademik, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), dan bantuan sarana prasarana.

Penguatan SDM, kata Menag, seperti memberikan program peningkatan kualifikasi akademik pengajar pesantren, khususnya Ma'had Aly.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X