Jadwal Seleksi Mandiri PTN 2020, Pendaftaran hingga Pelaksanaan Ujian

Kompas.com - 14/05/2020, 11:08 WIB
Pendaftar seleksi mandiri pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB) saat mengikuti tes seleksi. Dok Humas UBPendaftar seleksi mandiri pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB) saat mengikuti tes seleksi.

KOMPAS.com - Ada beragam jalur masuk yang bisa kamu tempuh sebagai upaya masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) favorit, salah satunya melalui jalur Seleksi Mandiri.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Nah, bila kamu berkeinginan untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri, mengetahui jadwal seleksi mandiri sejumlah PTN di tahun 2020 dapat menjadi langkah awal persiapan.

"Buat kamu yang berencana ikut ujian seleksi mandiri, berikut ini daftar seleksi mandiri dari beberapa perguruan tinggi yang bisa kamu ikuti," tulis laman Instagram Zenius Education, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Buka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

Namun, perlu dipahami bahwa di tengah kondisi pandemi Covid-19, jadwal tersebut masih bisa mengalami perubahan. Sehingga, calon mahasiswa perlu mengonfirmasi kembali jadwal tersebut melalui website resmi masing-masing PTN.

Merangkum dari laman Instagram portal edukasi Zenius Education, berikut jadwal Seleksi Mandiri PTN 2020.

1. Institut Pertanian Bogor

Pendaftaran: 20 Juni - 27 Juli 2020
Pelaksanaan Ujian Seleksi: 2 Agustus 2020
Pengumuman: 13 Agustus

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

2. Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran: 1 - 23 Juli 2020
Pelaksanaan Ujian Seleksi: Menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, kriteria lainnya dan Tes Keterampilan khusus FSRD.
Pengumuman: Akan diinfokan lebih lanjut

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X