Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pertahanan Buka Fakultas MIPA Militer, Lulusan jadi Prajurit TNI

Kompas.com - 12/05/2020, 11:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - IPB University dan Universitas Pertahanan (Unhan) menandatangani kerja sama dalam rangka pembukaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di Unhan.

Kerja sama tersebut ditandatangani secara online oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dan Rektor Unhan Laksda TNI Amarula Octavian pada pekan lalu seperti dikutip dari laman IPB, Senin (4/5/2020).

“Ini adalah merupakan upaya yang sangat konstruktif bagi kita untuk terus meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi di Indonesia. Karena era sekarang adalah era kolaborasi,” papar Prof Arif.

Rektor Unhan Laksda TNI Amarula mengungkapkan kerja sama ini sangat mendesak dilakukan karena kebutuhan untuk membuka FMIPA Militer.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Lebih lanjut dijelaskan, pembukaan fakultas baru ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dari Menteri Pertahanan (Menhan) dan TNI.

“Pembukaan fakultas baru ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dari Menhan dan TNI. Para lulusan dari masing-masing program studi nantinya akan bekerja secara penuh sebagai prajurit-prajurit TNI,” papar Amarula.

Fakultas ini nantinya terdiri dari empat program studi yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

Ia menjelaskan, materi yang akan diajarkan di FMIPA Militer ini memiliki muatan 20 persen yang mengacu pada kebutuhan militer, seperti matematika militer yang digunakan untuk menghitung kecepatan rudal, ramuan kimia dari serbuk mesiu dan lainnya.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Buka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

“Materi-materi itulah yang nantinya termuat dalam FMIPA Militer. Kami sangat berharap kerja sama ini bisa segera dimulai karena pembukaan fakultas akan dilakukan bulan Agustus mendatang,” pungkas Amarula.

Universitas Pertahanan buka pendaftaran S1

Universitas Pertahanan (Unhan) masih membuka pendaftaran mahasiswa baru jenjang S1 untuk tahun ajaran 2020/2021 hingga 17 Mei 2020.

"Universitas Pertahanan (Unhan) Membuka Program Beasiswa Sarjana (S1) mulai dari Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas MIPA Militer, Fakultas Farmasi Militer, dan Fakultas Teknik Militer," tulis laman media sosial Universitas Pertahanan, Senin (4/5/2020).

Unhan secara akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan secara fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan.

Sehingga, dalam proses penyelenggaraan pendidikan, Unhan memberikan beasiswa untuk mahasiswanya berupa bebas biaya kuliah, tempat tinggal berupa asrama, hingga pemenuhan kebutuhan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com