Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segini Biaya Kuliah ITB Jalur Mandiri 2023, Calon Mahasiswa Cek

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) pastinya diincar banyak calon mahasiswa di pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 ini.

Salah satu yang harus diperhatikan calon mahasiswa saat memilih ITB adalah soal biaya kuliah. Khususnya calon mahasiswa yang berencana mendaftar ITB lewat jalur Mandiri 2023.

Calon mahasiswa yang diterima lewat jalur Mandiri ITB 2023 tentu perlu membayar biaya kuliah yang berbeda dibanding calon mahasiswa yang lolos lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Kompas.com merangkumkan besaran biaya kuliah ITB jalur Mandiri yang wajib dibayarkan calon mahasiswa.

Biaya kuliah jalur Mandiri ITB

Melansir dari laman resmi admission ITB, Rabu (15/3/2023) berikut biaya kuliah jalur Mandiri yang wajib dibayar calon mahasiswa. Simak informasinya sampai selesai ya.

Pertama-tama yang perlu diketahui calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur Mandiri ITB 2023 perlu membayar biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2023 adalah sebesar Rp 500.000.

Termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi peminat FSRD).

Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.

Pelunasan biaya pendaftaran dilakukan dengan menggunakan kode bayar yang akan diperoleh akun pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. ITB tidak mengembalikan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan untuk alasan apa pun.

Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) merupakan program penerimaan mahasiswa program Sarjana dengan skema pembiayaan mandiri.

Mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB. ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT per semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) adalah sebagai berikut:

1. Fakultas FMIPA-IPA, SITH-R

  • UKT 5 per semester: Rp12.500.000
  • IPI minimum Rp 25 juta

2. Meteorologi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB-G), Oseanografi (FITB-G)

3. Fakultas FITB-G (selain prodi Meteorologi dan Oseanografi)

  • UKT 5 per semester Rp 25 juta
  • UKT 4 per semester Rp 20 juta
  • IPI minimum Rp 25 juta

4. Fakultas SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen)

  • UKT 5 per semester Rp 25 juta
  • UKT 4 per semester Rp 20 juta
  • IPI minimum Rp 40 juta

5. Fakultas/Sekolah lain di ITB

  • UKT 5 per semester Rp 25 juta
  • UKT 4 per semester Rp 20 juta
  • IPI minimum Rp 25 juta

Sebagai informasi tambahan, Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dibayarkan satu kali pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

Seluruh calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dikenakan biaya pendidikan (Uang Kuliah Tunggal/UKT) per semester dengan nilai sesuai UKT 5.

Pemberian beasiswa UKT ke nilai UKT 4 diputuskan ITB berdasarkan kemampuan ITB dan hasil verifikasi atas permohonan calon mahasiswa yang dilakukan pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

Demikian informasi mengenai biaya kuliah jalur Mandiri ITB yang perlu diketahui calon mahasiswa saat mendaftar ITB di 2023.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/16/073700771/segini-biaya-kuliah-itb-jalur-mandiri-2023-calon-mahasiswa-cek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke