Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa S1 di Kanada 2023, Tunjangan Rp 390 Juta Per Tahun

KOMPAS.com – University of British Columbia (UBC) di Kanada memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana (S1) di tahun 2023. Penerima beasiswa akan menjalani kuliah di UBC, dengan batas pendaftaran sampai 15 November 2022.

Pemberian beasiswa tersebut bertujuan untuk membantu dan mendukung mahasiswa berprestasi dalam menciptakan perubahan secara global. Harapannya, mereka dapat berdedikasi untuk berkontribusi bagi sekolah dan komunitas mereka.

Cakupan University of British Columbia 2023

Melansir laman resmi University of British Columbia, calon mahasiswa yang lolos beasiswa akan diberikan beasiswa sebesar USD 25.000 per tahun atau sekitar Rp 390 juta. 

Jika jumlah ini tidak menutupi kebutuhan biaya kuliah dan biaya hidup dasar, mahasiswa dapat mendaftar ke International Scholar Program.

4 jalur international Scholar Program 2023

Pendaftar beasiswa tidak dapat memilih salah satu jenis program beasiswa yang akan diterima. Panitia International Scholar Program yang akan menentukan dan menempatkan setiap peserta sesuai dengan dengan ketentuan mereka.

1. Karen McKellin International Leader of Tomorrow Award

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar dengan prestasi akademik unggul, keterampilan dalam kepemimpinan, keterlibatan dalam organisasi dan pengabdian masyarakat, dan memiliki prestasi akademik yang baik.

2. Donald A. Wehrung International Student Award

Ini ditujukan bagi pelajar berprestasi dari daerah miskin atau dilanda perang yang telah mencapai keunggulan akademik dalam keadaan yang menantang, dan sangat membutuhkan bantuan keuangan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

3. International Impact Award

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar yang menyatakan komitmen dan solusi untuk masalah keadilan sosial, perubahan iklim, kesetaraan dan inklusi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan kebebasan berekspresi.

4. Vantage One Excellence Award

Beasiswa ini khusus bagi mereka yang berasal dari UBC Vantage College untuk siswa internasional berprestasi akademis yang belum memenuhi Standar Penerimaan Bahasa Inggris untuk penerimaan langsung ke UBC.

Kriteria penerima beasiswa University of British Columbia 2023

1. Pendaftar merupakan pelajar internasional yang akan belajar di Kanada dan mempunyai izin belajar di Kanada

2. Diterima sebagai mahasiswa UBC

3. Lulusan SMA sederajat yang tidak lebih awal dari bulan Juni dua tahun sebelum tahun akademik mulai perkuliahan, misalnya, pendaftar untuk kuliah tahun 2023 harus sudah lulus SMA paling lambat Juni 2021

4. Bagi yang sudah pernah menempuh S1, tidak diperkenankan mendaftar

5. Menunjukkan prestasi akademik yang unggul (mencapai semua A atau standar yang setara)

6. Menunjukkan kondisi keuangan yang membutuhkan bantuan pembiayaan agar dapat berkuliah di UBC

7. Memenuhi persyaratan penerimaan UBC, termasuk persyaratan umum dan standar bahasa Inggris

Cara mendaftar beasiswa University of British Columbia 2023

1. Melakukan pendaftaran melalui aplikasi International Scholar Program: https://undergraduatescholarships.ubc.ca/prog/2023_international_scholars_program_/

2. Menentukan program atau jurusan yang ingin dipelajari di UBC

3. Untuk mendaftar beasiswa jalur International Scholars Program, hanya bisa dilakukan dengan rekomendasi dari sekolah atau organisasi non profit, kemudian masukkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.

4. Kumpulkan berkas-berkas yang berkaitan dengan kondisi keuangan, bersamaan dengan keterangan keaktifan di kegiatan ekstrakurikuler, aktivitas sosial, dan penghargaan.

5. Kirim berkas pendaftaran ke aplikasi International Scholar Program sebelum tanggal 15 November 2022

6. Mengirimkan aplikasi penerimaan ke UBC paling lambat tanggal 1 Desember 2022

Tahapan pendaftaran International Scholars Program 2023

1. 15 November 2022: batas waktu pendaftaran International Scholars Program

2. 1 Desember 2022: mengirimkan bukti penerimaan sebagai mahasiswa baru di UBC

3. 31 Januari 2023: pengumuman lolos seleksi bahasa Inggris UBC

4. 31 Januari 2023: mengirimkan semua dokumen yang diperlukan untuk penerimaan UBC.

5. Pertengahan April 2023: pengumuman penerima beasiswa kuliah

Kamu bisa memanfaatkan program beasiswa dari University of British Columbia ini dengan mempersiapkan semua hal yang disyaratkan mulai dari sekarang.

Informasi lengkap terkait beasiswa University of British Columbia 2023, dapat dilihat melalui laman resmi University of British Columbia https://you.ubc.ca/financial-planning/scholarships-awards-international-students/international-scholars/ 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/02/080000571/beasiswa-s1-di-kanada-2023-tunjangan-rp-390-juta-per-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke