Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PPI Dunia: "Halal Tourism" Berpotensi Besar Pulihkan Ekonomi Nasional

KOMPAS.com - Direktur Direktorat Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dari Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), Rayhan Hanif Usamah menyampaikan, halal tourism memiliki potensi besar untuk berkontribusi, mengembangkan, serta memulihkan ekonomi nasional.

Hal tersebut dipaparkannya dalam diskusi virtual bertema "Pengembangan Destinasi Wisata Islam Selama dan Paska Pandemi Covid-19", Sabtu (26/6/2021).

Diskusi yang diselenggarakan sebagai bagian dari Festival Pelajar Dunia Membangun Desa (Parama) ini menghadirkan para pemimpin dari 3 negara, yaitu Indonesia, Uzbekistan, dan Turki.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam diskusi mengatakan, Covid-19 berdampak kepada seluruh sektor lapisan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saat pandemi ini kita harus berjuang untuk membuat pondasi yang stabil," paparnya.

Selain Sandiaga, narasumber lain yang hadir dalam diskusi ialah Saparudin Masyarif selaku staf khusus Gubernur mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Furqatbek Sidiq selaku Wakil Menteri Luar Negeri Uzbekistan, serta Wakil Walikota Bursa Turki, Ahmet Yildiz.

Para narasumber percaya bahwa Indonesia, Turki, dan Uzbekistan bisa menjalin hubungan baik dam bekerja sama di segala sektor terkhusus di sektor halal tourism.

“Bangka Belitung siap memulihkan sektor Halal Tourism. Gubernur sudah menyiapkan hotel-hotel dan restoran–restoran halal yang sudah teruji,” ujar Saparudin.

Sementara itu, Furqat mengatakan Indonesia dan Uzbekistan punya potensi besar untuk bekerja sama.

"Seperti bahan makanan, bukan hanya kualitas yang bagus tetapi memiliki sertifikat halal, Indonesia menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara,” papar Furqat.

Ahmet menambahkan, potensi kerja sama antara Indonesia, Uzbekistan, dan Turki perlu dikaji lebih jauh lagi.

“Kita akan mengkaji lebih jauh potensi kerja sama antara Indonesia, Uzbekistan, dan Turki. Contoh para pelajar Indonesia di sini (Turki) membawa keluarga mereka untuk berlibur, terkhusus ke sini (Bursa),” pungkas Ahmet.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/07/02/155227171/ppi-dunia-halal-tourism-berpotensi-besar-pulihkan-ekonomi-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke