Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2022, 06:15 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber PB Djarum

KOMPAS.com - Ganda campuran Indonesia yang menempati peringkat kelima dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviati, tidak dipanggil lagi untuk masuk ke dalam pelatnas PBSI 2022.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviati dipastikan terdegradasi setelah PBSI merilis daftar atlet pelatnas pada Jumat (28/1/2022).

Dalam daftar atlet pelatnas yang dirilis PBSI, tidak ada nama Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktaviati di kategori ganda campuran utama.

Adapun Praveen/Melati bukan satu-satunya ganda campuran yang terdegradasi dari Pelatnas PBSI. Pasangan penghuni peringkat ke-11 dunia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, juga memiliki nasib serupa.

Baca juga: Alasan Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria Dicoret dari Pelatnas PBSI

Pelatih ganda campuran, Nova Widianto, mengatakan bahwa terdapat empat hal yang dipertimbangkan sebelum mencoret Praveen/Melati dari pelatnas PBSI.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah pencapaian Praveen/Melati yang kurang memuaskan selama periode dua tahun terakhir.

Praveen/Melati kali terakhir meraih gelar ketika menjuarai All England 2020. Setelah itu, mereka selalu gagal membawa pulang medali dengan pencapaian terbaik adalah menembus partai final.

Penurunan performa Praveen/Melati mencapai titik terendah setelah terhenti pada babak-babak awal dalam tiga turnamen beruntun di Bali akhir tahun lalu, yakni Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals.

Baca juga: Pelatih Berang Lihat Performa Praveen/Melati di Indonesia Masters, Singgung Tanggung Jawab

Kini, Praveen/Melati pun dipastikan tidak lagi menjadi bagian pelatnas PBSI dan harus rela melanjutkan karier di bawah naungan klubnya, PB Djarum.

Lalu, apa rencana Praveen/Melati seusai terdegradasi dari Pelatnas PBSI?

Saat ini, Praveen/Melati dilaporkan tetap berlatih secara intensif bersama PB Djarum demi mempersiapkan turnamen yang akan mereka ikuti.

Berdasarkan unggahan di laman resmi PB Djarum, Praveen/Melati berencana memulai 2022 dengan ikut serta dalam rangkaian turnamen di Eropa, yakni German Open, All England, dan Swiss Open.

Melati Daeva Oktaviati mengatakan bahwa dirinya bersama Praveen Jordan ingin kembali naik podium teratas meski tak lagi berstatus atlet pelatnas.

"Kami berdua sudah mulai latihan intensif sejak awal tahun bersama tim PB Djarum. Targetnya tahun ini mau naik podium satu lagi di pertandingan apapun yang kami ikuti," kata Melati, dikutip dari laman resmi PB Djarum.

Baca juga: Meski Dicoret dari Pelatnas PBSI, Pelatih Akui Praveen/Melati Masih yang Terbaik

Selain mengikuti sejumlah turnamen, Praveen/Melati juga memiliki target jangka panjang.

Halaman:
Sumber PB Djarum
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com