Lin Dan Pensiun, Bagaimana Peta Persaingan Menurut Pelatih Tunggal Putra Indonesia?

Kompas.com - 06/07/2020, 12:41 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan mengembalikan bola ke arah lawan asal Thailand, Kantaphon dalam laga babak pertama Indonesia Master di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/1/2018). Kantaphon menang dengan dua gim 21-15, 21-19. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan mengembalikan bola ke arah lawan asal Thailand, Kantaphon dalam laga babak pertama Indonesia Master di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/1/2018). Kantaphon menang dengan dua gim 21-15, 21-19.

KOMPAS.com - Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra, bicara tentang persaingan tunggal putra dunia setelah Lin Dan memutuskan pensiun.

Menurut Hendri, pensiunnya legenda tunggal putra China itu tak berpengaruh signifikan.

"Menurut saya pengaruhnya tidak terlalu terasa," ucap Hendry, dilansir dari Antara.

"Lin Dan memang bagus tapi tidak seperti dulu lagi," ucap dia.

Baca juga: Lin Dan Pensiun, Akhir Era F4 di Bulu Tangkis

Meski Lin Dan pensiun, kata Hendry, peta kekuatan bulu tangkis di sektor tunggal putra tidak akan berubah.

Para pebulu tangkis papan atas dunia dinilainya akan tetap merepotkan dua tunggal putra andalan Indonesia, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Hendry menambahkan, sudah sewajarnya Lin Dan memutuskan untuk pensiun pada usianya yang menuju 37 tahun. Apalagi performanya juga kian menurun.

Pada Olimpiade 2016 di Rio misalnya, Lin Dan gagal meraih medali emas ketiganya setelah kalah dari Lee Chong Wei di semifinal.

Bahkan, pada All England 2020, capaian Lin Dan bisa dibilang jeblok karena hanya mampu menembus 16 besar.

Alhasil, peringkatnya kian tergeser. Sebelum pensiun, Lin Dan menduduki peringkat ke-19 dunia dan peluang untuk bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2021 menipis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X