Lin Dan Pensiun, Akhir Era F4 di Bulu Tangkis

Kompas.com - 04/07/2020, 17:10 WIB
Para legenda bulu tangkis dunia, Peter Gade (Denmark), Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan (China), berada di panggung saat talk show The Legends Visions di Birmingham, Inggris, Senin (7/3/2016). SURYO AGUNGPara legenda bulu tangkis dunia, Peter Gade (Denmark), Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan (China), berada di panggung saat talk show The Legends Visions di Birmingham, Inggris, Senin (7/3/2016).

KOMPAS.com - Atlet bulu tangkis asal China, Lin Dan, memutuskan pensiun dari tim nasional pada Sabtu (4/7/2020) siang WIB.

Keputusan itu diungkapkan Lin Dan melalui akun media sosial Weibo.

"Dari tahun 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakannya," tulis Lin Dan di Weibo, sebagaimana dikutip dari laman Xinhua.net.

Pensiunnya Lin Dan sekaligus mengakhiri era generasi F4 bulu tangkis. F4 adalah sebutan untuk empat tunggal putra dunia meliputi Peter Gade (Denmark), Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Lin Dan sendiri.

Baca juga: Prinsip Ini Buat Lin Dan Konsisten di Level Teratas Bulu Tangkis

Keempatnya terlibat persaingan ketat pada awal 2000-an. Mereka silih berganti lolos ke partai puncak dan menjadi juara.

Mereka bahkan naik podium Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005 di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Kala itu, Taufik Hidayat keluar sebagai juara setelah mengalahkan Lin Dan. Sementara Peter Gade dan Lee Chong Wei kompak menerima medali perunggu.

Era F4 pun perlahan-lahan sampai pada titik pemberhentian.

Di awali dengan pensiunnya Peter Gade pada tahun 2012. Pria asal Denmark itu memutuskan gantung raket setelah menggelar turnamen perpisahan melawan Lin Dan. 

Setahun kemudian, giliran Taufik Hidayat yang memutuskan pensiun setelah tersingkir di babak 32 besar Indonesia Open.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X