Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Kompas.com - 13/02/2022, 18:12 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Mata termasuk organ tubuh yang sensitif dan rentan terpapar iritasi. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas yang bisa membuat mata cepat lelah. Seperti terlalu lama menatap layar laptop atau handphone, serta membaca di saat gelap.

Selain menghindari aktivitas-aktivitas di atas, mengonsumsi makanan yang sehat juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata, mengonsumsi makanan yang sehat dapat menurunkan risiko terkenan penyakit mata seperti katarak, glaukoma, mata kering, dan masalah mata lainnya.

Baca juga: 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Makanan yang disarankan untuk menjaga kesehata mata adalah yang memiliki banyak kandungan vitamin, nutrisi, dan mineral, yang dikenal sebagai antioksidan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah tujuh makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

1. Wortel

Tentunya sudah banyak orang yang tahu bahwa wortel memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata. Di antaranya adalah kandungan vitamin A dan beta karoten.

Keduanya dapat membantu menjaga kesehatan permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

2. Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan mata. Di antara banyak jenis ikan, salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi agar kesehatan mata terjaga adalah ikan salmon.

Manfaat dari omega-3 adalah dapat mencegah mata menjadi kering. Selain itu, omega-3 juga dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata.

Baca juga: 6 Tips Jaga Kesehatan Mata Anak, Orangtua Wajib Paham

Ikan salmon filet. Dok. Shutterstock/hlphoto Ikan salmon filet.

3. Telur

Telur secara umum termasuk makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, tak terkecuali mata. Hal ini karena di dalam telur banyak terkandung zat-zat yang menyehatkan.

Di antaranya adalah vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng yang terdapat pada kuning telur. Zat-zat tersebut penting untuk menjaga kesehatan mata.

Misalnya, seperti vitamin A yang dapat membantu melindungi kornea. Kemudian lutein dan zeaxanthin yang bisa menurunkan risiko masalah mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Seng berkontribusi pada kesehatan retina, yakni bagian belakang mata. Seng juga membantu mata melihat di malam hari.

4. Kacang almond

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik bagi kesehatan mata. Salah satu jenis kacang yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi adalah kacang almond.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com