Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Leci, Apa Saja?

Kompas.com - 18/01/2024, 07:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Leci atau Litchi chinensis adalah salah satu jenis buah yang masih satu famili dengan rambutan dan lengkeng.

Leci memiliki kulit luar yang kasar berwarna merah muda yang tidak dapat dimakan, sehingga dikupas dan dibuang sebelum dikonsumsi.

Sementara daging buah ini berwarna putih dan terdapat biji berwarna gelap di tengahnya.

Buah tropis ini bisa dikonsumsi secara langsung, maupun dijadikan bahan pelengkap dessert atau bahan utama minuman pelepas dahaga.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Manfaat Konsumsi Tomat untuk Kesehatan

7 manfaat mengonsumsi leci

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tujuh manfaat mengonsumsi buah leci:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengonsumsi leci yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Dikutip dari HealthLine, hal tersebut dikarenakan leci mengandung zat yang dibutuhkan tubuh seperti tembaga dan kalium.

Cuprum atau tembaga adalah mineral yang memiliki banyak manfaat mendukung kerja pembuluh darah, sistem saraf, dan sistem imun. Selain itu juga berperan dalam pertumbuhan tulang, serta membantu pembentukan sel darah.

Kadar atau asupan tembaga yang rendah, berdampak buruk pada kesehatan jantung karena kadar kolesterol dan tekanan darah menjadi tinggi.

Sementara asupan kalium bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang bisa memicu tekanan darah meningkat.

2. Mencegah penyakit kanker dan diabetes

Leci diketahui memiliki sejumlah kandungan senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh agar terhindar atau menurunkan risiko terkena penyakit tertentu.

Kandungan bersifat antioksidan tersebut yaitu epikatekin dan rutin. Senyawa epikatekin dapat mengurangi risiko kanker dan diabetes.

Sedangkan senyawa rutin dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga: Termasuk Superfood, Ini 9 Manfaat Konsumsi Biji Labu Setiap Hari

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com