Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kebakaran Karaoke Orange di Tegal, 6 Orang Meninggal Dunia

Kompas.com - 15/01/2024, 20:45 WIB
Alinda Hardiantoro,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Insiden kebakaran terjadi di tempat karaoke yang berlokasi Gedung Orange di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

Kabid Humas Polda Jateng Kombespol Satake Bayu Setianto menyampaikan, kebakaran karaoke di Tegal itu menyebabkan 6 orang meninggal dunia.

"Korban jiwa yang telah dievakuasi berjumlah 9 orang. Meninggal 6 orang dan 3 orang dirawat di rumah sakit," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/1/2024).

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran karaoke Orange itu. Satreskrim Polres Tegal Kota masih menurunkan tim labfor untuk menyelidiki dan memastikan sumber titik api.

Selain itu, Tim DVI Dokkes Polda Jateng juga dikerahkan untuk mengidentifikasi korban serta mengungkap dugaan penyebab kematiannya.

Kronologi kebakaran Karaoke Orange Tegal

Kombespol Satake Bayu Setianto mengungkap, kronologi kebakaran di tempat karaoke yang berlokasi di Gedung New Orange Karaoke Jl. Veteran Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Senin (15/1/2024).

Titik api kali pertama terlihat pukul 08.00 WIB. Menurut saksi, Purwati (50), pagi itu dirinya sedang memasak di dapur Gedung New Orange yang berada di lantai 1.

Purwati mengaku mencium bau kebakaran dan melihat kepulan asap yang membumbung dari lantai 2 dan 3.

Dia kemudian bergegas naik dan mengetuk satu per satu pintu yang berada di lantai 2.

"Purwati tidak kuat menghirup asap yang sangat tebal, kemudian dia turun ke lantai 1 untuk melaporkan pada petugas satpam yang di bawah," kata Bayu.

Sementara itu, saksi lain Ochi (35), sempat melihat seorang karyawan karaoke membawa APAR karena mengetahui kepulan asap. Saat itu, Ochi mengaku baru saja pulang dari pasar.

Ochi sempat berinisiatif untuk mengetuk pintu kamar di lantai 2. Namun pada saat mengetuk pintu, dia tidak kuat menghirup asap yang sangat tebal.

Ochi kemudian mengajak teman-temannya yang berada di lantai 2 untuk segera turun ke lantai 1.

Dia kemudian melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke Polres Tegal Kota. Pihak kepolisian segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tegal.

Baca juga: Kebakaran Tempat Karaoke di Tegal, Karyawan Lihat Asap Mengepul dari Lantai 3

Kerugian kebakaran Karaoke Orange Tegal

Setelah tiba di tempat kejadian perkara (TKP), Unit Damkar dibantu oleh Personil Polres Tegal Kota dan masyarakat sekitar melakukan pemadaman api.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com