Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kota Termacet di Dunia 2023, Peringkat Jakarta Turun tapi Macet Kian Parah

Kompas.com - 12/01/2024, 19:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peringkat Jakarta dalam daftar kota termacet di dunia sepanjang 2023 dilaporkan turun dibandingkan pada 2022.

Hal tersebut tampak dari laporan TomTom Traffic Index ke-13 yang disusun berdasarkan pantauan dan analisis Tomtom International BV, perusahaan teknologi navigasi dari Belanda.

Dilansir dari laman resmi, pantauan dan analisis mencakup 387 kota yang tersebar di 55 negara dan enam benua.

Laporan daftar kota termacet bertujuan menentukan peringkat kota-kota berdasarkan waktu perjalanan rata-rata dan memberikan akses gratis terhadap informasi kota per kota.

Selain waktu perjalanan rata-rata, TomTom juga menghitung biaya perjalanan setiap kota, baik pusat kota maupun metropolitan.

Variabel tambahan pun memungkinkan untuk mengukur dampak finansial dari biaya bahan bakar dan kemacetan lalu lintas, serta konsumsi bahan bakar per kWh dan emisi karbondioksida.

Baca juga: Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal dan Termurah di Indonesia, Mana Saja?

Peringkat Jakarta turun tapi macet makin parah

Peringkat Kota Jakarta dalam kemacetan dunia di 2023screnshoot/TomTom Peringkat Kota Jakarta dalam kemacetan dunia di 2023

Berdasarkan laporan terbaru, peringkat Jakarta turun dari sebelumnya di posisi 29 menjadi 30 pada 2023.

Meski tampak membaik, TomTom Traffic Index justru melaporkan kemacetan Jakarta bertambah parah dibandingkan tahun sebelumnya.

Sepanjang 2023, kendaraan di Jakarta membutuhkan waktu rata-rata 23 menit 20 detik untuk menempuh perjalanan 10 kilometer.

Catatan ini terpantau meningkat dari tahun lalu yang membutuhkan waktu sekitar 22 menit 40 detik untuk jarak yang sama.

Dengan demikian, terdapat selisih waktu 40 detik lebih lambat untuk perjalanan 10 kilometer di Jakarta, dari tahun 2022 ke 2023.

Selama satu tahun di Jakarta, pengendara setidaknya menghabiskan 225 jam, dengan 117 jam atau 4 hari 21 jam di antaranya terjebak kemacetan.

Sementara itu, berdasarkan laporan perusahaan ini, waktu paling macet di Jakarta jatuh pada 9 Maret 2023, dengan waktu 30 menit 10 detik untuk menempuh jarak 10 kilometer.

Jam sibuk di kota ini sendiri terpantau pada Jumat pukul 18.00-19.00, yang memungkinkan pengendara memakan waktu rata-rata hingga 33 menit 40 detik untuk jarak 10 kilometer.

Baca juga: Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Berapa Nilai Jakarta?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com