BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com mengenai Gerakan "Berani Beda"

Berani Beda dan Jadi Diri Sendiri, Kenapa Enggak?

Kompas.com - 11/01/2024, 19:51 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tak seperti biasanya, Bundaran HI, salah satu ikon Ibu Kota Jakarta tampil cukup berbeda. Sebuah mural pop-art dengan tulisan “Berani Beda” berjalan melintasi kawasan Bundaran HI dan meninggalkan jejak lingkaran merah yang membuatnya tampil menonjol di tengah hiruk pikuk kota.

Tak lama, mural serupa juga muncul di kawasan Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Setelah melintasi bagian atas Lawang Sewu, mural “Berani Beda” itu meninggalkan jejak merah yang mengitari bangunan.

Setelah Lawang Sewu, rupanya mural tersebut muncul di kawasan Tugu Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum meninggalkan jejak lingkaran merah, mural “Berani Beda” itu sempat mengelilingi tugu tersebut.

Bergeser ke arah timur, mural yang sama tampak terbang melewati Patung Sura dan Buaya dan kemudian melayang melewati kawasan Alun-alun Kota Surabaya, Jawa Timur, sambil meninggalkan jejak merah.

Terakhir, mural “Berani Beda” itu tampak mengitari Gedung Sate di Kota Bandung, Jawa Barat, sebanyak dua kali. Sama seperti di beberapa ikon sebelumnya, mural ini turut meninggalkan jejak lingkaran berwarna merah mengitari kawasan Gedung Sate.

Seluruh mural tersebut dapat disaksikan lewat video berikut.

Meskipun hanya dapat disaksikan dalam gambar bergerak, kemunculan mural “Berani Beda” yang membuat penampilan berbeda dari beberapa ikon kota besar di Indonesia itu punya pesan kuat, yakni gerakan yang mengajak setiap orang untuk ”Berani Beda”.

Gerakan “Berani Beda” hadir menggembleng negeri ini untuk menghidupkan semangat berani berbeda dan merangkul individualitas mereka.

Di dunia yang serbacepat dan kompetitif sekarang ini, tampil berbeda lebih menonjol ketimbang orang lain terkadang menjadi hal yang menakutkan.

Padahal, berani tampil menjadi diri sendiri sebagai individu yang unik dan autentik tidak ada salahnya. Dengan berani tampil beda, kamu bisa lebih menonjol jika dibandingkan orang lain. Bahkan, hal ini dapat menjadi peluang untuk berbagai kesempatan baru.

Selain itu, dengan berani beda, juga dapat membantu individu dalam mendapatkan kesuksesan, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Tip jadi individu berani beda

Meski begitu, tampil berbeda dan menonjol bukan sesuatu yang terjadi secara instan. Untuk bisa berani beda dan tampil sebagai individu yang autentik, dibutuhkan usaha dan konsistensi dalam melakukannya.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tip yang bisa kamu lakukan untuk menjadi individu yang berani beda.

Pertama, rangkul jati diri. Dengan menerima dan menjadi diri sendiri yang asli dan autentik, secara otomatis kamu akan tampil berbeda dan menonjol ketimbang orang lain.

Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian, keyakinan, dan nilai-nilai yang kamu percaya. Sebab, hal ini menjadi kualitas yang membuat kamu berbeda dan menjadi diri sendiri.

Kedua, berhenti meremehkan diri sendiri. Banyak orang yang tanpa sadar meremehkan diri dan kemampuannya sendiri. Padahal, mereka memiliki potensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi lebih baik dalam berbagai hal.

Kebiasaan meremehkan diri sendiri tersebut juga bisa menjadi dinding penghalang yang menghambat seseorang untuk mewujudkan potensi yang dimiliki.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berani bertindak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tidak melulu tindakan besar, kamu bisa memulainya dari berbagai tindakan kecil.

Ketiga, jangan ragu untuk berusaha lebih. Orang-orang yang berani beda biasanya tidak ragu untuk melakukan pekerjaan atau berusaha ekstra. Mereka juga tidak ragu untuk memberikan waktu dan upaya lebih terhadap pekerjaan serta kegiatan yang menjadi passion mereka.

Sebagai contoh, seorang karyawan yang menjabat sebagai admin di sebuah perusahaan pada siang hari dapat mengoptimalkan dirinya dengan bekerja lebih lama hingga malam hari untuk membuat berbagai konten demi mewujudkan cita-citanya menjadi kreator konten ternama.

Contoh lain, seorang reporter yang aktivitas sehari-harinya diisi dengan liputan dan mencari berita di lapangan. Namun, pada akhir minggu atau saat senggang ia tetap menjalankan hobinya membuat mural.

Keempat, asah keahlian. Menjadi ahli dalam bidang yang dipilih merupakan salah satu cara untuk tampil menonjol di antara yang lain. Namun, untuk mencapai hal ini, kamu harus menginvestasikan waktu lebih banyak untuk belajar dan menguasai suatu keahlian.

Selain itu, teruslah memperluas pengetahuan, menantang diri sendiri, dan mengikuti perkembangan tren industri yang kamu pilih.

Itulah empat tip menjadi individu berani beda yang bisa diterapkan. Yuk, tunjukkan “Berani Beda” versi kamu dan buat orang lain terinspirasi dengan cerita #BeraniBeda kamu!


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com