Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Maroko, Mampukah Garuda Muda Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17?

Kompas.com - 16/11/2023, 18:15 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga penentu akan tersaji dalam pertandingan terakhir grup A antara Indonesia vs Maroko.

Dalam laga yang digelar pada Kamis (16/11/2023) pukul 19.00 WIB, Indonesia harus bisa meraih kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Sementara Maroko, cukup meraih hasil imbang untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup.

Baca juga: Kata Media Asing soal Piala Dunia U-17 di Indonesia, Kesempatan Kedua dari FIFA

Lantas, bagaimana peluang timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar?

Baca juga: Makna Logo dan Maskot Piala Dunia U-17 Indonesia 2023

Peluang lolos terbuka lebar

Pengamat sepak bola Ma'ruf El Rumi mengatakan, pelung Indonesia terbuka lebar untuk lolos dari babak penyisihan grup.

Hal ini didasarkan pada dua pertandingan sebelumnya yang meraih hasil imbang melawan Ekuador dan Panama.

"Karena bisa dikatakan dua pertandingan awal memperlihatkan bahwa timnas Indonesia cukup kompetitif. Sehingga kalau bicara peluang mengadapi Maroko, ya peluang itu tetap terbuka," kata Ma'ruf kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Dalam pertandingan melawan Maroko, dia menyebut timnas Indonesia perlu memperbaiki dua hal penting.

Baca juga: Cara Beli dan Harga Tiket Piala Dunia U-17, Paling Murah Rp 75.000

Pesepak bola Timnas Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.?Ari Bowo Sucipto?/ANTARA FOTO Pesepak bola Timnas Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.?

Pertama, koordinasi lini belakang yang masih kurang bagus ketika mengantisipasi serangan lawan.

"Khususnya persoalan komunikasi dan antisipasi bola-bola atas. Ketika menghadapi Ekuador, itu kan gol yang diciptakan berasal dari bola crossing yang berhasil ditanduk, sehingga menjadi gol," kata dia.

Ma'ruf menjelaskan, pemain bertahan Indonesia juga beberapa kali tampak mengalami miskomunikasi saat menghadapi Panama.

Miskomunikasi ini bahkan membuat Panama memiliki banyak kesempatan untuk melakukan tembakan dan menciptakan peluang.

Selain pertahanan, Ma'ruf juga menyoroti lini tengah Indonesia yang belum memberikan dukungan untuk mengalirkan bola dan menjaga kedalaman.

"Selama ini serangan kita tertumpu pada sektor sayap yang mengandalkan kecepatan, kemudian melakukan bola-bola crossing, sehingga masih relatif mudah diantisipasi," ujarnya.

Baca juga: Indonesia Vs Maroko, 2 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Garuda Muda

Mentalitas cukup baik

Ekspresi pesepak bola Timnas Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto (tengah) usai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). Terkini, timnas U17 Indonesia akan menghadapi Maroko dalam matchday terakhir fase Grup A Piala Dunia U17 2023. Laga indonesia vs Maroko berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (16/11/2023). Artikel ini berisi skenario timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Dunia U17 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. 


Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO Ekspresi pesepak bola Timnas Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto (tengah) usai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). Terkini, timnas U17 Indonesia akan menghadapi Maroko dalam matchday terakhir fase Grup A Piala Dunia U17 2023. Laga indonesia vs Maroko berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (16/11/2023). Artikel ini berisi skenario timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Dunia U17 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com