Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Maba Unpad Jalur Mandiri Disebut Ditawari Pindah Prodi Pilihan Pertama, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Kompas.com - 10/08/2023, 20:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial diramaikan dengan unggahan berisi tangkapan layar Google Form berisi tawaran untuk pindah ke program studi pilihan pertama di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN).

Tawaran itu disebut ditujukan kepada calon mahasiswa baru (maba) jalur seleksi mandiri yang belum melakukan daftar ulang.

"Lulus seleksi mandiri salah satu ptn! dapet pilihan 2. Tapi karenaa belum daftar ulang sampai sekarang, malah ditawarin pindah ke pilihan 1, ini gimana konsepnya sih, apa emang semuanya begini?????" tulis warganet melalui akun ini.

Baca juga: Ramai soal Cara Panitia UGM Bikin Formasi Mahasiswa Baru 2023, Apa Rahasianya?

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, calon maba diminta untuk memberi jawaban terkait pertanyaan berikut:

Jika berminat untuk dipindahkan dari program studi pilihan 2 ke pilihan 1, silakan tuliskan (Nama lengkap/No hp/Email) agar kami dapat melakukan proses pemindahan program studi.

Meski pengunggah tidak menyebutkan kampus secara khusus, tetapi banyak warganet dalam komentar menyebutkan bahwa PTN tersebut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca juga: Warganet Sebut Biaya Kuliah di UB Mahal, Ini Kata Pihak Kampus

Lantas, bagaimana penjelasannya?

Baca juga: Biaya Kuliah Mahasiswa yang Diterima Melalui Jalur Mandiri Unpad 2023

Penjelasan Unpad

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi membenarkan bahwa Google Form itu berasal dari Unpad.

Namun, ia menyebutkan jika formulir tersebut bukan ditujukan untuk menawarkan calon maba pindah prodi pilihan pertama, melainkan hanya sebatas survei.

"Jadi ini intinya merupakan survei yang dilakukan untuk melihat preferensi disparitas minat antara pilihan 1 dan 2 untuk mahasiswa," kata Dandi kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

"Utamanya survei ini adalah untuk mendesain sistem Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) tahun depan," sambungnya.

Dandi menuturkan, pelaksanaan SMUP tahun ini sangat bergantung pada kebutuhan kuota yang tersedia, serta kebijakan kementerian.

Baca juga: Ramai soal Wisudawan Termuda Unpad dari Fakultas Kedokteran Berusia 19 Tahun, Ini Kisahnya...

Tentang seleksi mandiri Unpad

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti melakukan pertemuan bersama dosen dalam Mapag 2023: Dialog Dosen Bersama Rektor, pada Selasa (3/1/2023).DOK. Unpad Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti melakukan pertemuan bersama dosen dalam Mapag 2023: Dialog Dosen Bersama Rektor, pada Selasa (3/1/2023).

Sebagai informasi, SMUP Unpad merupakan ujian mandiri yang digelar oleh pihak kampus.

Diketahui, ada dua skema seleksi mandiri di Unpad, yakni menggunakan nilai Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai SMUP.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com