Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu UFO? Berikut Pengertian dan Sejarah Awalnya

Kompas.com - 03/08/2023, 17:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Unidentified flying object atau UFO merupakan istilah untuk benda udara atau fenomena optik apa pun yang tidak dikenali.

UFO menjadi subjek utama yang menarik dibahas di masa perkembangan peroketan setelah Perang Dunia II.

Bahkan fenomena ini dikaitkan oleh beberapa orang sebagai makhluk luar angkasa cerdas atau alien yang datang mengunjungi Bumi.

Baca juga: 12 Fakta tentang Area 51, Pangkalan yang Kerap Dikaitkan dengan UFO dan Alien

Lantas, apa yang dimaksud dengan UFO?

Apa itu UFO?

Dilansir dari laman Space.com, UFO adalah istilah yang secara historis digunakan untuk menggambarkan pesawat yang tidak mudah diidentifikasi atau dijelaskan.

Kegemaran UFO modern di Amerika Serikat (AS) terjadi pada akhir 1940-an dan awal 1950-an, bertepatan dengan perkembangan teknologi baru seperti roket dan rudal.

Beberapa menafsirkan penampakan UFO sebagai bukti bahwa ada kehidupan di luar bumi dan telah mengunjungi Bumi dengan benda terbang tersebut.

Saat ini, pemerintah AS menggunakan frase Unidentified Aerial Phenomena atau UAP. Perubahan ini sebagian untuk mencoba memisahkan istilah dari alien fiksi ilmiah.

Istilah tersebut juga mendorong studi ilmiah lebih besar dan menemukan fakta bahwa banyak dari "objek" ini hanyalah fenomena atmosfer yang aneh atau tipuan peralatan kamera.

Baca juga: NASA Gelar Diskusi Panel Mengungkap Misteri UFO, Apa Temuan Mereka?


Sejarah awal UFO

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, penampakan awal UFO paling terkenal terjadi pada tahun 1947.

Saat itu, pengusaha Kenneth Arnold mengaku melihat sembilan objek berkecepatan tinggi di dekat Gunung Rainier, Washington, saat menerbangkan pesawat kecilnya.

Arnold memperkirakan kecepatan objek berbentuk bulan sabit beberapa ribu mil per jam dan mengatakan mereka bergerak "seperti piring yang melompat di atas air".

Dalam laporan surat kabar berikutnya, secara keliru disebutkan bahwa benda-benda itu berbentuk piring, oleh karena itu UFO sering disebut dengan istilah “piring terbang”.

Sejak saat itu, penampakan fenomena UFO meningkat, dan pada tahun 1948 Angkatan Udara AS mulai menyelidiki laporan ini yang disebut Project Sign.

Baca juga: Fenomena Awan Berbentuk Mirip UFO di Turkiye, Begini Penjelasan Ahli

Pendapat awal dari mereka yang terlibat dalam proyek ini adalah bahwa UFO kemungkinan besar adalah pesawat Soviet yang canggih.

Halaman:
Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com