Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanda bahwa Kucing Peliharaan Percaya kepada Anda, Apa Saja?

Kompas.com - 28/05/2023, 13:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing adalah peliharaan yang cukup populer dan unik. Terkadang sulit untuk memastikan apa yang ada di pikiran mereka.

Menafsirkan perilaku kucing tidak selalu mudah, terutama untuk mengetahui apakah mereka benar-benar memercayai Anda atau tidak. Sebab, kucing termasuk hewan yang suka menyendiri.

Namun, bukan berarti mereka akan selalu menghindari kehidupan sosial. Kucing juga bisa sangat setia, penyayang, dan mempercayai Anda sebagai pemiliknya.

Baca juga: Disebut bisa Mendeteksi Bencana, Berikut 5 Hal yang Dapat Diprediksi Kucing

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa kucing memercayai Anda?

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahwa kucing peliharaan percaya kepada Anda sebagai pemiliknya:

1. Menyambut dengan salam

Dilansir Cats.com, kucing adalah makhluk yang bersifat teritorial dan terbiasa mengawasi apa yang terjadi di wilayahnya.

Kucing yang gugup mungkin akan melihat sesuatu dari jauh, tetapi jika kucing Anda berlari untuk menyambut saat Anda pulang, ini pertanda baik bahwa mereka memercayai pemiliknya.

Terutama ketika mereka menyambut dengan ekor tegak tinggi, ini berarti pujian karena biasanya menandakan kegembiraan dan kesenangan.

Baca juga: Dari Gestur hingga Suara, Ini 5 Cara Kucing Berkomunikasi dengan Anda

2. Menghabiskan waktu bersama

ilustrasi tanda kucing memercayai Anda.iStockphoto/Alena Ivochkina ilustrasi tanda kucing memercayai Anda.

Kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang mandiri dan menyendiri, dan, memang, mereka sering kali merupakan hewan yang menyendiri.

Namun, ketika kucing membentuk ikatan sosial yang kuat dengan pemiliknya, seperti menghabiskan waktu bersama, ini menunjukkan bahwa mereka menghargai dan memercayai Anda.

Bisa berupa kucing suka meringkuk di pangkuan Anda di malam hari, atau mereka menikmati tepukan yang Anda berikan di pagi hari.

Baca juga: Minta Perhatian hingga Merasa Cemas, Ini 6 Alasan Mengapa Kucing Menjilati Anda

3. Menandukkan kepala

Jika Anda kerap kali mendapatkan tandukan atau sundulan embut dari kucing Anda, atau mereka suka menggosokkan pipinya. Ini bisa menandakan mereka telah memercayai Anda.

Kucing memiliki kelenjar aroma di pipi, dahi, dan dagunya yang melepaskan feromon, yakni pesan kimiawi yang memberi sinyal berbagai hal bagi kucing Anda.

Feromon wajah adalah yang mengekspresikan keamanan dan keakraban. Jika kucing Anda terus-menerus memberi Anda gosokan kepala, itu menunjukkan bahwa mereka memercayai Anda.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kucing Menatap Anda, Apa Saja?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com