Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Detik-detik Kepanikan Saat Leher Penumpang Terjepit Pintu Kereta, Ini Kronologinya

Kompas.com - 17/05/2023, 10:15 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam detik-detik kepanikan saat leher seorang penumpang terjepit di pintu kereta api, viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @terang_media pada Selasa (16/5/2023).

Terlihat dalam video, seorang penumpang pria berkaos putih berada di antara pintu masuk kereta.

Badan pria tersebut berada di dalam kereta, sementara kepalanya ada di luar dengan posisi leher terjepit di antara pintu tertutup.

Penumpang lain tampak mengerubungi pria terjepit dan berusaha menahan pintu agar tidak tertutup sepenuhnya.

Seorang wanita berkerudung putih dengan wajah panik juga sempat mengambil alat pemecah, kemudian mengembalikannya ke tempat semula.

"Detik-detik kepanikan di dalam kereta, karena ada salah satu penumpang yang terjepit pintu kereta. Kulon Progo, DIY," tulis pengunggah.

Adapun hingga Rabu (17/5/2023) pagi, video leher penumpang terjepit di pintu kereta ini telah dilihat lebih dari 23.000 kali dan disukai oleh lebih dari 860 pengguna Instagram.

Lantas, bagaimana kronologi dan tanggapan PT Kereta Api Indonesia (KAI)?

Baca juga: Siap Beroperasi, Simak Tarif dan Jadwal KA Banyubiru Semarang-Solo


Kronologi penumpang terjepit pintu kereta

Saat dikonfirmasi, Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo meminta maaf atas peristiwa terjepitnya penumpang seperti terlihat dalam video.

Menurut dia, peristiwa tersebut berlangsung di Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) Nomor 7067B relasi Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA, pada Selasa (16/5/2023) pukul 11.00 WIB.

"Adapun dalam kejadian ini penumpang KA Bandara di Stasiun Bandara YIA terjepit pintu KA yang akan menutup di sekitar kepala," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Namun, dengan bantuan penumpang lain dan kesigapan petugas stasiun, pintu akhirnya terbuka kembali, sehingga penumpang bisa bebas.

Setelah terbebas, petugas kemudian memeriksa kondisi penumpang. Kendati demikian, penumpang itu mengaku tidak merasakan sakit di area tubuh yang sempat terjepit.

"Penumpang tersebut segera turun untuk kemudian menuju ke dalam Bandara YIA," lanjut Franoto.

Baca juga: Ramai soal Harga Tiket Kereta Naik Disebut karena KAI Wajib Setor TAC, Ini Kata Kemenhub

Imbauan KAI Daop 6 Yogyakarta

Lebih lanjut Franoto mengimbau agar seluruh penumpang memperhatikan imbauan dan arahan dari petugas di atas kereta api melalui pengeras suara.

Selain itu, penumpang juga diimbau memastikan sisi pintu kereta api mana yang digunakan untuk keluar atau masuk.

Franoto kembali mengucapkan permohonan maaf serta mengatakan akan senantiasa membina dan mengingatkan penerapan SOP agar kejadian serupa tak terulang kembali.

"Sekali lagi atas nama KAI Daop 6 Yogyakarta kami mengucapkan permohonan maaf dan akan terus melakukan perbaikan pelayanan agar hal tersebut tidak terulang kembali," pungkasnya.

Baca juga: Daftar Kereta dengan Waktu Tempuh Perjalanan Lebih Cepat pada Gapeka 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com