Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Lift Macet yang Menjebak Penumpang Terus Terjadi, Pakar Jelaskan Solusinya

Kompas.com - 09/05/2023, 15:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Insiden yang melibatkan lift macet sehingga menjebak penumpang kembali terjadi.

Terbaru, tiga lift di Gedung Pakuwon Tower, Tebet, Jakarta Selatan mengalami macet selama sekitar 2,5 jam pada Senin (8/5/2023) malam.

"Aktivitas penggunaan lift mulai ramai sekitar pukul 18.00 WIB. Para pekerja secara bergantian menggunakan akses lift di dalam gedung 47 lantai tersebut. Namun, saat waktu menunjukkan pukul 19.15 WIB, akses lift tiba-tiba macet dan ada 11 karyawan yang terjebak," jelas Kapolsek Tebet Chitya Intania, dikutip dari Kompas.com (9/5/2023).

Insiden ini mengakibatkan sebelas orang terjebak di dalamnya.

Seluruh korban berhasil dievakuasi dengan selamat. Namun, satu korban yang mengalami syok berat dilarikan ke Rumah Sakit Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Lalu, mengapa lift mengalami macet dan apa yang harus dilakukan penumpang yang terjebak di dalamnya?

Baca juga: Asiah Tewas Usai Jatuh dari Lift Bandara Kualanamu, Pengamat: Ada Kelalaian Pemeliharaan dan Pengoperasian


Penyebab lift macet

Pakar mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Hendro Nurhadi menjelaskan, lift umumnya mengalami kerusakan pada bagian mesin penggerak utamanya. Mesin ini bernama polish machine electronic motor.

"Lift produksinya lebih dari 20 tahun kalau pakai teknologi lama sudah waktunya overhaul (pembongkaran mesin). Biasanya, harus diganti apalagi kalau perawatannya tidak bagus," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Sebaliknya, menurut Hendro, lift yang masih baru relatif tidak akan bermasalah. Selama pemasangannya dilakukan dengan benar.

Selain mesin penggerak lift, bagian controller yang mengatur gerakan lift juga harus diperiksa.

Masalah pada sistem pengamanan, seperti rem, rel, dan alat pembatas kecepatan lift juga dapat menyebabkan lift tersebut tiba-tiba macet.

Selain itu, faktor alam juga bisa memengaruhi pergerakan lift. Misalnya, kondisi pada konstruksi bangunan, pergerakan tanah, atau gempa bumi. Faktor ini dapat menyebabkan jalur lift tidak lurus.

"Mesin lift memiliki waktu perawatan. Ada pengecekan mingguan, bulanan, atau tahunan. Selain itu, ada standar yang harus ditepati untuk memasang dan merawat lift," lanjutnya.

Baca juga: 5 Hal yang Dilarang Saat Terjadi Gempa, Salah Satunya Menggunakan Lift

Kondisi saat lift macet

Suasana lift di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (13/2/2023).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana lift di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (13/2/2023).
Saat ditanya mengenai lampu yang mati saat lift macet, Hendro menjelaskan bahwa itu terjadi karena ada peralihan aliran listrik.

"Setiap lift punya back up komputernya, kita sebut UPS. Back up supaya lift tetap tersuplai listrik, seperti komputer," jelasnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com